Jakarta (ANTARA News) - PT Gudang Garam Tbk kembali menggelar ajang motor adventure Xtrim Sumatera eXpedition di Medan, Sumatera Utara, dengan jumlah peserta lebih besar dan lokasi lebih menantang.

Xtrim Sumatera eXpedition bertajuk "Surya Autology X3" itu akan digelar pada 1 hingga 3 November mendatang dengan rute Lapangan Banteng, Medan, menuju Kabupaten Deliserdang, melalui Sibolangit dan kembali ke Lapangan Banteng dengan rute berbeda.

"Ajang motor adventure makin digemari oleh masyarakat saat ini. Beruntung Indonesia memiliki wadah seperti Surya Autology X3 yang bisa menyalurkan hobi tersebut dalam ajang yang bermutu tinggi," kata Brand Manager Surya PT Gudang Garam Tbk, Pongky Puranto di Jakarta, Kamis.

Menurut Pongky, dalam waktu dekat Surya Autology X3 akan menjadi ajang internasional dan salah satu tandanya sudah bisa dilihat dari kehadiran peserta yang datang dari beberapa negara.

Beberapa peserta asing yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya antara lain dari Australia dan Swiss, sementara peserta dalam negeri berasal dari berbagai kota dan provinsi seperti Banda Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jakarta, Bogor, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bekasi, Bali, juga Makassar.

Para peserta akan terbagi dalam dua kelompok dan memulai petualangan dari Lapangan Banteng, Medan, hingga Sibolangit.

“Surya Autology memberikan kesempatan bagi para pegila motocross untuk menguji keterampilan mereka di lokasi-lokasi eksotis Indonesia, dalam hal ini Sumatera. Selain meningkatkan semangat olahraga, Surya Autology merupakan salah satu cara mengenalkan lokasi-lokasi eksotis Indonesia,” lanjut Pongky.

Tema ” Surya Autology X3” pun memiliki makna dalam. Para peserta Xtrim Sumatera eXpedition tahun ini tidak hanya terlibat aktif berpetualang dengan Surya Autology, tapi juga mengampanyekan pentingnya kepedulian pada lingkungan.

"Ajang motosport adventure memiliki kedekatan pada lingkungan. Mereka tidak hanya mengeksplorasi tempat-tempat di alam bebas, namun juga mengampanyekan kesadaran akan pentingnya kepedulian lingkungan," tutur Hendyanto, Group Brand Manager, PT Gudang Garam Tbk.

Selama tiga hari penyelenggaraan Surya Autology X3 akan memadukan berbagai kegiatan menarik dan menghibur, melibatkan 75 klub otomotif. Ada dirt bike adventure, pameran dan motorcycle community gathering.

Lalu ada kontes dan hiburan seperti talent performance competition, rolling thunder band performance, modern dance performance, dan marching band performance, serta freestyle by trail motorcycle. Tersedia pula F&B booth, apparel booth, community booth, dan talent booth.

Melalui event ini penyelenggara dan peserta juga akan membantu masyarakat setempat dengan berbagai kegiatan CSR (corporate social responsibility), seperti menanam pohon, berbagi komputer, dan beasiswa untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan.

"Masih dalam rangkaian Surya Autology X3 di Lapangan Benteng pada 1 sampai 3 November juga digelar berbagai kegiatan dengan melibatkan semua klub motor dan komunitas, di antaranya tarik tambang tiga arah, mengendarai motor dengan penumpang terbanyak, kontes modifikasi, slalom, slow riding, serta seabrek kegiatan lain. Untuk hiburan bagi masyarakat, kami hadirkan grup band Ibu Kota, yakni Changcuters, Steven Jam, dan Shaggy Dog," ungkap Ketua Xpedition Trail Mania (XTrim) Indonesia Musa Idishah atau Doddy.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013