Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas pada Kamis bertolak ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja, salah satunya membuka Kepri Ramadan Fair 2024 (KURMA 2024).

Berdasarkan keterangan resmi dari Sekretariat Wakil Presiden yang diterima di Jakarta, Kamis, Wapres dan rombongan lepas landas menggunakan pesawat kepresidenan dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Kota Tanjungpinang, Kepri sekitar pukul 15.00 WIB.

Wapres tiba di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang dan langsung disambut oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Kapolda Kepri Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah, Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Agus Hariadi, Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Refrizal, serta Danlanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Nur Abadi.

Pada malam hari, Wapres dijadwalkan melaksanakan shalat Isya dan tarawih berjamaah di Masjid Besar Al Uswah, Air Raja, Tanjungpinang. Tidak hanya itu, di tempat ini Wapres juga rencananya akan memberikan tausiah.

Keesokan harinya pada Jumat (15/03), Wapres akan meresmikan Pembukaan Kepri Ramadhan Fair 2024 (KURMA 2024) dan Seminar Produk Halal Go Global di Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang.

Di hari yang sama, setelah melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Al Hikmah Tanjungpinang, Wapres dan rombongan dijadwalkan terbang kembali ke Jakarta pada pukul 13.40 WIB.

Dikutip dari keterangan resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri, KURMA 2024 merupakan langkah strategis percepatan ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Kepri.

Acara ini menjadi sarana bagi pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat untuk berkolaborasi menguatkan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan.

Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kepri telah menyusun rangkaian acara KURMA 2024 yang mencakup kompetisi pondok pesantren unggulan, dakwah ekonomi syariah, lomba konten ekonomi syariah, lomba desain fesyen, kompetisi halal chef, wirausaha muda syariah, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, hingga perlombaan lokal lainnya.

Selain kompetisi, juga digelar seminar, sertifikasi nazhir wakaf, gerakan wakaf, pameran produk UMKM halal, business matching untuk ekspor, gerakan pangan murah dan bazar Ramadhan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kepri sesuai visi KDEKS yang meliputi peningkatan industri halal, penguatan lembaga keuangan syariah, optimalisasi keuangan sosial syariah, penguatan bisnis syariah digital, hingga penguatan infrastruktur dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait.

Pada kunjungan kerja kali ini, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Muhammad Imam Aziz, Staf Khusus Wapres Arif Rahmansyah Marbun, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024