Karawang (ANTARA) - Bupati Karawang Aep Syaepuloh mendorong agar pemerintah pusat segera memperbaiki titik kerusakan jalan di jalur Pantura menyusul adanya aksi warga yang melakukan penanaman pohon pisang di jalan rusak tersebut.

"Insya Allah sudah konfirmasi, kerusakan jalan segera diperbaiki," kata bupati saat meninjau kerusakan jalan raya Klari-Cikampek yang ditanami pohon pisang oleh masyarakat di wilayah Klari, Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa titik jalan rusak yang ditanami pohon pisang itu adalah jalan nasional. Sehingga kerusakan jalan itu bukan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Karawang, melainkan tanggung jawab pemerintah pusat.

Meski bukan tanggung jawabnya, pihaknya mendorong agar pemerintah pusat memperhatikan kerusakan jalan di jalur Pantura wilayah Karawang.

"Jadi kami dari pemkab, meski bukan kewenangan, kami berupaya untuk mendorong pemerintah pusat segera melakukan perbaikan jalan yang rusak di wilayah Karawang," katanya.

Baca juga: Kota Bogor bentuk Tim Orange perbaiki jalan rusak

Baca juga: Legislator minta DKI perbaiki jalan rusak Kebon Sirih cegah kecelakaan


Bupati menyampaikan bahwa sejumlah titik jalan nasional, termasuk jalur Pantura, di wilayah Karawang yang mengalami kerusakan akan segera diperbaiki.

Bupati berharap agar masyarakat dapat paham dan mengerti mengenai kewenangan status jalan di wilayah Karawang. Artinya, ada jalan kabupaten, jalan provinsi dan jalan nasional.

"Pemkab tentunya juga tidak ingin melihat jalan rusak. Makanya (kalau itu jalan nasional), segera kita upayakan agar proses perbaikan jalan segera dilakukan," katanya.

Jalan rusak yang ditanami pohon pisang itu merupakan jalur Pantura wilayah Kecamatan Klari, Karawang. Jalan tersebut merupakan salah satu jalur mudik Lebaran setiap tahun.

Bupati menyebutkan bahwa jalur Pantura merupakan jalan nasional yang penanganan perbaikannya dilakukan oleh pemerintah pusat atau perwakilan PPK 1 wilayah Jawa Barat.

Baca juga: Polisi-warga perbatasan RI-Malaysia gotong royong perbaiki jalan rusak

Baca juga: Pemprov Lampung memperbaiki 270,214 kilometer ruas jalan di 2024

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024