Per 14 Maret 2024, harga Ethereum kini juga sudah makin mendekati harga all time high pada November 2021, yaitu Rp62 juta
Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan crypto exchange, Indodax, mengatakan beberapa aset kripto altcoin seperti Ethereum, Solana, Render dan Ondo sudah mulai menunjukkan peningkatan seiring dengan kenaikan harga Bitcoin yang saat ini sudah menyentuh Rp1,1 miliar.
 
"Per 14 Maret 2024, harga Ethereum kini juga sudah makin mendekati harga all time high pada November 2021, yaitu Rp62 juta, sementara harga ATH Ethereum Rp72 juta,” kata CEO Indodax Oscar Darmawan di Jakarta, Kamis.
 
Solana juga melonjak 19 persen dalam sepekan terakhir menjadi Rp2,5 juta. Tak hanya itu, koin Render juga meningkat hampir 19 persen dalam sepekan terakhir menjadi Rp173 ribu. Koin Ondo juga melesat 21 persen dalam sepekan terakhir menjadi Rp9.300.
 
Menanggapi tren tersebut, Oscar menjelaskan kenaikan harga koin altcoin tersebut dipacu oleh peningkatan harga Bitcoin yang semakin mendekati halving day Bitcoin.
 
"Kenaikan harga Bitcoin seringkali menjadi pemicu naiknya nilai koin altcoin. Karena sudah tingginya harga Bitcoin, bagi investor yang berkeinginan untuk berinvestasi tetapi biayanya terbatas, cenderung akan beralih untuk membeli altcoin yang harganya lebih terjangkau,” ujarnya.

Baca juga: Indodax sebut Bitcoin salah satu jenis "safe haven asset" seperti emas

Baca juga: Indodax prediksi transaksi aset kripto 2024 lampaui tahun lalu

 
Penguatan koin-koin itu menyebabkan terjadinya altcoin seasons, sebagaimana yang terjadi pada periode halving sebelumnya. Akibatnya, terjadi peningkatan permintaan terhadap altcoin dan harga mereka ikut meningkat.
 
"Jadi, tidak hanya Bitcoin saja yang memiliki potensi keuntungan investasi yang tinggi. Koin-koin lain selain Bitcoin seperti Ethereum, Solana, Render, dan Ondo juga termasuk koin potensial yang menawarkan peluang investasi yang menarik,” tuturnya.
 
Fenomena tersebut menambah dinamika pasar kripto, memberikan opsi diversifikasi investasi bagi para pelaku pasar. Meningkatnya harga Bitcoin dan koin altcoin saat ini menunjukkan jika aset kripto merupakan salah satu aset investasi yang menjanjikan dan memiliki return yang tinggi.
 
Oscar mengimbau untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai untuk berinvestasi.

Baca juga: Indodax proyeksikan transaksi kripto terus naik di tahun ini

Baca juga: Indodax: Harga bitcoin tembus Rp1 miliar jelang halving day
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024