Jakarta (ANTARA) - Anggota KPU RI August Mellaz mengungkapkan bahwa hasil rekapitulasi pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, akan segera dijadwalkan mengikuti rekapitulasi nasional di Kantor KPU RI.

"Tinggal nanti urusannya satu dua hari ini akan dijadwalkan untuk ke Jakarta," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis.

Ia pun menyatakan rekapitulasi untuk metode kotak suara keliling (KSK) dan tempat pemungutan suara (TPS) telah selesai.

"Kalau yang jelas informasi terakhir per hari ini, sejak semalam saya dapatkan, itu semua proses selesai di Kuala Lumpur," ujarnya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

KPU sudah menetapkan daftar pemilih tetap luar negeri (DPTLN) untuk PSU di Kuala Lumpur mencapai 62.217 orang yang terdiri dari 42.372 orang pemilih di 22 TPSLN dan 19.845 orang pemilih di 120 KSK.

Angka itu diperoleh dari total pemilih yang hadir di Kuala Lumpur lewat tiga metode pemungutan suara sebelumnya, baik yang tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb), dan daftar pemilih khusus (DPK).

Total pemilih untuk tiga metode yang tercatat dalam DPT, DPTb, dan DPK mencapai 78 ribu. Angka 78 ribu itu menjadi basis data untuk pemutakhiran dengan tiga kategori, yakni validitas alamat, analisis kegandaan, dan validitas nomor induk kependudukan (NIK) maupun nomor paspor.

KPU melaksanakan PSU Kuala Lumpur pada Minggu (10/3). Pelaksanaan metode TPSLN dilakukan di WTC Kuala Lumpur sedangkan KSK disebar di 120 lokasi di Perak, Kelantan, Terengganu, Selangor, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur maupun Putrajaya.

Baca juga: KPU siap boyong hasil rekapitulasi PSU Kuala Lumpur ke Jakarta

Baca juga: KPU klaim rekapitulasi suara di Kuala Lumpur selesai

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024