Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo menegaskan pentingnya kesetaraan gender dalam keluarga untuk mendorong pembangunan masyarakat dan bangsa.

"Saya percaya bahwa kesetaraan gender dalam keluarga akan membawa tiga manfaat penting. Pertama, menumbuhkan keharmonisan dan kedamaian. Kedua, meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ketiga, membantu keuangan keluarga untuk mencapai kesetaraan dan pemberdayaan yang seimbang," kata Giwo Rubianto Wiyogo dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam side event Commission on the Status of Women (CSW) atau Sidang Komisi Status Perempuan ke-68 di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat.

"Ini bukan hanya tentang kesetaraan status pasangan, sehingga mereka memiliki peran yang sama dalam pengambilan keputusan atau perencanaan keluarga untuk masa depan, tetapi juga tentang berbagi tanggung jawab rumah tangga, mencari nafkah, dan pengasuhan anak di antara pasangan," katanya.

Baca juga: Kowani: Cegah perundungan kekerasan sekecil apapun jangan diabaikan

Baca juga: Kowani minta masyarakat tidak sebarkan hoaks usai pemilu


Dikatakannya, keluarga yang kuat dan saling mendukung akan memberdayakan laki-laki dan perempuan untuk untuk mencapai aspirasi mereka bersama-sama.

Namun, menurut dia, kesetaraan gender dalam keluarga masih relatif rendah.

"Tanpa adanya kesadaran gender dalam keluarga, maka akan terjadi kurangnya saling menghormati di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Padahal keseluruhan tatanan masyarakat dimulai dari keluarga," katanya.

Kowani terus berkolaborasi dengan pemerintah, BKKBN, CSR, dan organisasi masyarakat lainnya termasuk Aliansi Pita Putih Indonesia, dan lainnya.

"Dalam advokasi kami untuk kesetaraan gender, Kowani menggarisbawahi komitmennya di 12 bidang. Kami dengan gigih meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender dan memerangi diskriminasi di berbagai platform, termasuk forum W20, International Council of Women (ICW), dan ASEAN Confederation of Women's Organizations (ACWO) Forum," katanya.

Baca juga: Kowani berikan edukasi cegah malnutrisi pada anak

Baca juga: Kowani dan GPW bangun perdamaian mulai dari pencegahan kekerasan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024