Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur kembali menyalurkan bantuan program Sinergisitas Antar-Kementerian/Lembaga dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) kepada penerima manfaat tahun 2024 di daerah setempat guna penanggulangan paham terorisme.

Plh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan Benny Adrian di Magetan, Kamis maLAM, mengatakan program lintas sektoral tersebut telah berjalan sejak tahun 2020 sampai dengan 2024.

"Ada enam kabupaten di Jatim yang menjadi prioritas penerima bantuan ini, salah satunya Kabupaten Magetan," ujar Benny dalam kegiatan penyerahan bantuan program tersebut secara simbolis di ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan.

Menurut dia, sesuai instruksi pemerintah pusat, program sinergisitas kementerian/lembaga adalah pelibatan secara aktif kementerian/lembaga dalam upaya penanggulangan terorisme melalui pendekatan lunak dari hulu ke hilir sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing kementerian/lembaga yang dikoordinasikan oleh BNPT selaku "leading" sektor penanggulangan terorisme di Indonesia.

Sesuai data, pada tahun 2024 BNPT RI berencana melakukan 798 rencana aksi pembangunan fisik dan nonfisik bersama sejumlah kementerian/lembaga dalam mewujudkan kehadiran negara di wilayah-wilayah yang rentan terpapar radikalisme terorisme.

Di Kabupaten Magetan bantuan sinergitas tersebut diwujudkan berupa pemberian alat kerja untuk 12 orang dan juga disalurkan dana CSR dari PT KAI (Persero) di bidang pendidikan khususnya beasiswa kepada siswa-siswi di Kabupaten Magetan.

Bantuan beasiswa diberikan kepada 20 siswa SD dan SMP, dengan rincian SD sebanyak 15 siswa masing-masing menerima Rp2 juta dan SMP lima siswa, masing-masing Rp3 juta.

Sementara bantuan alat kerja bagi 12 orang, dengan masing-masing bantuan berkisar antara Rp3 juta hingga Rp9 juta, tergantung jenis usaha

Bantuan CSR berupa alat kerja tersebut digunakan untuk membantu dan menunjang pelaku UKM, di antaranya berupa alat kerja usaha kerajinan kulit, jasa pengobatan alternatif, usaha "frozen food", pengadaan alat desain poster, perajin kayu, alat penunjang ternak kambing, makanan bolu tradisional, persewaan audio, dan lainnya.

"Kami minta agar bantuan alat kerja dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung produktivitas dan kinerja. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk mendukung program pemda," kata Benny.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024