Beijing (ANTARA) - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada Rabu (13/3) mengatakan bahwa penyelesaian dini situasi di perbatasan China-India adalah demi kepentingan bersama antara China dan India.

Diharapkan pula agar kedua negara akan menemukan solusi terhadap masalah perbatasan yang relevan yang dapat diselesaikan serta hasilnya bisa diterima oleh kedua belah pihak sejak dini.

Wang menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah konferensi pers harian saat menanggapi laporan media mengenai pernyataan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar baru-baru ini mengenai kondisi hubungan India dan China saat ini.

Baik China maupun India percaya bahwa penyelesaian segera situasi di perbatasan China-India menjadi kepentingan bersama kedua negara, ungkap Wang.

Disebutkan Wang, China berharap kedua pihak akan mengikuti pemahaman bersama antara para pemimpin kedua negara dan semangat perjanjian yang relevan, menjaga komunikasi melalui saluran diplomatik dan militer, serta secepatnya menemukan solusi bagi masalah perbatasan terkait yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

China telah beberapa kali menegaskan bahwa masalah perbatasan tidak mewakili keseluruhan hubungan China-India, dan hal ini harus ditempatkan secara tepat dalam hubungan bilateral serta dikelola dengan baik, kata Wang.

China berharap India akan bekerja pada arah yang sama dengan China, melakukan pendekatan terhadap hubungan bilateral dari sudut pandang strategis dan jangka panjang, ujar Wang.

Kedua pihak harus meningkatkan rasa saling percaya serta menghindari kesalahpahaman dan kesalahan penilaian, meningkatkan dialog dan kerja sama serta menghindari menciptakan hambatan, menangani perbedaan dengan baik, dan menghindari menciptakan perselisihan, imbuh Wang.

"Dengan cara ini, kita akan membawa hubungan bilateral ke jalur perkembangan yang sehat dan stabil," tambah Wang.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024