Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (14/3), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Bawaslu RI ingatkan KPU RI rekapitulasi suara Pemilu 2024 tepat waktu

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI agar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 dapat berjalan tepat waktu.

"Harus sudah selesai. 20 Maret (2024) harus sudah selesai," kata Bagja dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Merdeka Barat 9 dan dipantau dari Jakarta, Rabu (13/3).

Selengkapnya baca di sini


2. Presiden Jokowi teken PP soal THR dan gaji ke-13 aparatur negara

Presiden Joko Widodo Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah RI Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

Berdasarkan salinan PP yang dilihat dalam laman jdih.setneg.go,id, di Jakarta Kamis, dalam PP itu disebutkan bahwa pemerintah memberikan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ketiga belas tahun 2024 kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun dan penerima tunjangan sebagai wujud penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara.

Selengkapnya baca di sini


3. Anggota DPR bolehkan pemilu dikritik asalkan bukan fitnah

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengatakan bahwa pelaksanaan pemilu boleh-boleh saja dikritisi asalkan bukan bersifat fitnah yang bisa mendegradasi nilai-nilai pesta demokrasi tersebut.

Dia mengatakan kritik dan koreksi sah-sah saja untuk dilakukan karena sudah wajar. Sejati-nya, menurutnya cita-cita kemerdekaan adalah mensejahterakan kehidupan masyarakat umum dan juga mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selengkapnya baca di sini


4. Menko Hadi pastikan hasil rekapitulasi nasional selesai tepat waktu

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan hasil rekapitulasi nasional akan selesai tepat waktu yakni 20 Maret.

"Masih tepat waktu, sesuai dengan undang-undang 35 hari setelah pencoblosan akan kita umumkan," kata Hadi saat ditemui di kantor Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis.

Selengkapnya baca di sini


5. Prabowo dan Dubes AS untuk ASEAN bahas soal pertahanan

Menteri Pertahanan RI Prabwo Subianto membahas masalah pertahanan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohanes Abraham di ruang Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis.

Dalam siaran pers yang diterima Antara, keduanya membahas lebih rinci soal pertemuan para Menhan negara anggota ASEAN dan negara plus ASEAN atau Defence Ministers’ Meeting Plus (ADMM-Plus) Experts’ Working Group on Military Medicine (EWG on MM).

Selengkapnya baca di sini

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024