Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 1.435 keluarga rawan stunting (KRS) di Provinsi Jawa Barat menjadi penerima pertama program cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan penanganan stunting (tengkes) gelombang kedua di tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BUMN Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan usai peluncuran program tersebut di Aula Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

"Kita mulai hari ini dengan melaksanakan penyaluran di Kantor Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat. Lokasi ini dijadikan tempat untuk memulai penyaluran bantuan pangan stunting tahun 2024," katanya.

Baca juga: Bantuan pangan 2024 mulai disalurkan untuk 87.225 KPM di Purwakarta

Ia mengatakan bantuan tersebut terbagi atas 469 KRS di Kota Bekasi, 466 KRS di Kota Cimahi, dan 500 KRS di Kota Depok.

Ia mengatakan Jawa Barat dipilih sebagai lokasi kick off, karena memiliki jumlah penerima bantuan terbanyak, yakni mencapai 403.285 KRS, di luar enam provinsi lainnya yang menjadi prioritas dengan jumlah total penerima bantuan mencapai 1.446.089 KRS.

"Setiap keluarga rentan stunting akan menerima satu paket berisi 10 butir telur dan 0,9 - 1 kg daging ayam beku sebanyak tiga kali," katanya.

Dikatakan Frans, bantuan serupa akan menyasar enam provinsi prioritas lainnya, yakni Sumatera Utara mencapai 136.738 KRS, Jawa Barat 403.285 KRS, Jawa Tengah 345.514 KRS, Jawa Timur 374.197 KRS, Banten 92.654 KRS, Nusa Tenggara Timur 73.068 KRS dan Sulawesi Barat 20.633 KRS.

Proses distribusi bantuan pangan melibatkan perusahaan member of ID FOOD, yakni PT Berdikari, PT PPI, PT Rajawali Nusindo sebagai penyedia produk telur dan daging ayam, PT BGR Logistik Indonesia (BLI) sebagai transporter, dan PT Pos Indonesia (Persero).

Menurut Frans, yang membedakan pada tahun ini adalah keterlibatan BLI sebagai transporter untuk wilayah Jawa Barat, sebagai mitra pemerintah untuk mengirimkan bantuan pangan penanganan stunting ke masyarakat.

Dengan mengoptimalkan refeer truck yang menjadi armada andalan dari BLI, diharapkan produk telur dan daging ayam yang didistribusikan akan semakin terjaga kualitasnya.

Baca juga: Menko PMK sebut bantuan pangan berlanjut hingga Juni 2024

Baca juga: Presiden Jokowi: Bantuan pangan pemerintah merupakan beras premium


Untuk memastikan hal tersebut BLI mengerahkan 50 armada truk dengan kemampuan pendistribusian 30 ton per hari yang siap mendukung kegiatan tersebut. Selain itu, ID FOOD juga didukung mitra transporter lainnya.

Frans menyebut program bantuan pangan penanganan stunting ini digelar dalam rangka membantu menyukseskan program pemerintah menurunkan prevalensi stunting dari 21 persen lebih menjadi 14 persen di tahun ini.

"Data KRS diperoleh dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional by name dan by address, sehingga penyaluran dapat tepat sasaran," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024