Tidak hanya di Kepri, tapi efeknya bisa dirasakan masyarakat diseluruh Indonesia
Tanjungpinang (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka kegiatan Kepulauan Riau Ramadhan (KURMA) Fair 2024 yang ditandai dengan pemukulan beduk di halaman Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Jumat (15/3).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 19 sampai 24 Maret 2024 di Gedung Daerah dan Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang.

"Saya mengapresiasi inisiatif KDEKS Kepri menggelar KURMA 2024 yang sejalan dengan arahan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," kata Wapres Ma'ruf Amin yang sekaligus Ketua KNEKS dalam sambutannya.

Menurut Wapres KURMA 2024 merupakan langkah strategis bagi percepatan ekonomi dan keuangan syariah di Kepri. Acara ini menjadi sarana bagi pelaku usaha, komunitas, dan masyarakat untuk berkolaborasi menguatkan ekosistem syariah yang unggul dan berkelanjutan.

Wapres berharap kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Kepri, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk dan jasa halal.

"Tidak hanya di Kepri, tapi efeknya bisa dirasakan masyarakat diseluruh Indonesia," ujarnya.

Acara KURMA Fair 2014 juga disejalankan dengan pembukaan seminar internasional Produk Halal Go Global Vavigating and Chalenge di Gedung Daerah.

Wapres menyebut seminar internasional ini menjadi salah satu upaya pengembangan ekosistem rantai nilai halal sekaligus sarana literasi produk halal dan
Meningkatkan daya siang UMKM menuju global.

"Seminar ini juga membuka peluang kerja sama dengan pelaku usaha halal dari luar negeri yang hadir pada hari ini, seperti Malaysia dan Singapura," ujar Wapres.

KDEKS Kepri telah menyusun rangkaian acara KURMA Fair 2024 yang mencakup kompetisi pondok pesantren unggulan, lembaga ziswaf unggulan, dakwah ekonomi syariah, lomba konten ekonomi syariah, lomba fashion design, kompetisi masakan halal, wirausaha muda syariah, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, hingga perlombaan lokal lainnya.

Selain kompetisi, akan digelar seminar, sertifikasi nazhir wakaf, gerakan wakaf, pameran produk UMKM halal, business matching untuk ekspor, gerakan pangan murah, dan bazar Ramadhan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kepri sesuai visi KDEKS yang meliputi peningkatan industri halal, penguatan lembaga keuangan syariah, optimalisasi keuangan sosial syariah, penguatan bisnis syariah digital, hingga penguatan infrastruktur dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan.

Pada kesempatan ini, Wapres Ma'ruf Amin dan rombongan didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad turut meninjau produk-produk UMKM yang ditampilkan dalam kegiatan KURMA Fair 2024 di pelataran Tugu Sirih.

Baca juga: Wapres bertolak ke Kepri resmikan Ramadhan Fair 2024
Baca juga: UMKM Ramadhan Fair Nagan Raya Aceh raup Rp500 juta

 

Pewarta: Ogen
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024