Jakarta (ANTARA) -
Setidaknya 10 grup musik asal Irlandia mundur dari perhelatan kultur pop SXSW 2024 di Austin, Texas, Amerika Serikat demi solidaritas untuk Palestina.

Laman NME, Rabu (13/3) melaporkan band Irlandia Kneecap, Sprints, Soda Blonde, Gavin James, Robert Grace, Mick Flannery, Chalk, Gurriers, Cardinals dan Newdad mundur dari acara tahunan SXSW setelah mengetahui bahwa acara tersebut disponsori oleh Angkatan Darat AS dan kontraktor pertahanan RTX Corporation yang memasok senjata ke Israel.

Semula, band asal Irlandia tersebut akan tampil pada acara "Music From Ireland", bagian dari SXSW. Penyelenggara Music From Ireland mengatakan mereka menjunjung kebebasan berekspresi dan tidak memengaruhi para seniman terkait keputusan yang mereka ambil, baik secara artistik maupun politik.

Baca juga: Reality Club batal tampil di Festival SXSW AS demi Palestina

Baca juga: Kemenparekraf - Disparekraf Jakarta fasilitasi 10 startup ke SXSW 2024


Mengenai aksi solidarits Palestina yang ditunjukkan oleh para musisi Irlandia tersebut, SXSW mengatakan mereka menerima perbedaan pendapat.

"Musik adalah jiwa SXSW dan sudah lama menjadi warisan kami. Kami menghormati sepenuhnya keputusan para seniman yang ingin menggunakan hak kebebasan berpendapat mereka," kata SXSW.

SXSW mengatakan industri pertahanan di sana adalah salah satu yang terdepan dalam hal teknologi dan bentuk komitmen SXSW untuk membawa gagasan yang membentuk dunia.

"Kami telah dan akan terus mendukung hak asasi manusia. Situasi di Timur Tengah adalah tragis dan menekankan betapa pentingnya berdiri bersama melawan ketidakadilan," kata SXSW.

Baca juga: Musisi hip-hop Tuan Tigabelas dan Yacko wakili Indonesia di SXSW 2023

Baca juga: Grup musik Indonesia ramaikan festival SXSW di Texas AS

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024