Harbin (ANTARA) - Satu rute kereta barang internasional baru yang menghubungkan Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang di China, dengan Tilburg di Belanda, resmi diluncurkan.

Menurut China Railway Harbin Group Co., Ltd. peresmian layanan tersebut ditandai dengan keberangkatan sebuah kereta kargo yang memuat 1.300 ton asam amino dalam 55 peti kemas dari stasiun pusat peti kemas internasional Harbin, Kamis (14/3).

Kereta itu akan menempuh jarak sejauh 10.257 km melalui pelabuhan Manzhouli dan tiba di Tilburg dalam 15 hari.

Rute baru tersebut menjadi layanan kereta barang China-Eropa pertama yang menghubungkan provinsi perbatasan China itu dengan sebuah kota di Belanda.

"Dibandingkan dengan pengiriman via laut, layanan kereta kargo baru ini akan mempersingkat waktu pengiriman hingga dua pertiganya dengan jarak dipersingkat hingga separuhnya," kata Liang Chuan, kepala stasiun itu.

Menurut data, jumlah kereta barang China-Eropa dan volume kargo yang diangkut dari dan menuju Heilongjiang masing-masing meroket sebesar 161,5 persen dan 151,6 persen secara tahunan (year on year) dalam dua bulan pertama tahun ini.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024