Beijing (ANTARA) - Kota-kota besar di China melaporkan penurunan harga rumah pada Februari lalu, dengan selisih penurunan secara bulanan (month-on-month) yang semakin kecil, tunjuk data resmi pada Jumat (15/3).

Di empat kota tingkat pertama China, yaitu Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Shenzhen, harga-harga rumah baru turun tipis 0,3 persen pada Februari dari bulan sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional China dalam sebuah pernyataan. Sementara itu, 31 kota tingkat kedua dan 35 kota tingkat ketiga mencatat penurunan harga rumah masing-masing sebesar 0,3 persen dan 0,4 persen.

Harga rumah yang dijual kembali turun 0,8 persen, 0,8 persen, dan 0,6 persen dari bulan lalu di kota-kota tingkat pertama, kedua, dan ketiga.

Dibandingkan dengan setahun sebelumnya, 70 kota besar dan menengah pada umumnya mengalami penurunan harga karena harga dasar yang tinggi. Harga rumah baru di kota-kota tingkat pertama turun 1 persen, begitu juga di kota-kota tingkat kedua dan ketiga yang masing-masing turun 1,1 persen dan 2,7 persen.

Untuk rumah yang dijual kembali, penurunan harga mencapai 6,3 persen di kota-kota tingkat pertama dan 5,1 persen untuk kota-kota tingkat kedua dan ketiga, papar data tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024