Badung (ANTARA) - Partai Golkar menggelar syukuran atas kemenangan mereka dalam Pemilu 2024 yang diklaim menang di 15 provinsi se-Indonesia.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kabupaten Badung, Bali, Jumat, menyebut Pulau Dewata sengaja dipilih lantaran beberapa bulan sebelum Pemilu mereka menggelar konsolidasi untuk menguatkan solidaritas.

Hasilnya, deklarasi satu komando tersebut berbuah manis mengantarkan mereka pada raihan suara tinggi pemilihan legislatif dan kemenangan paslon Prabowo-Gibran yang diusung.

“Di Bali kita bisa berkonsentrasi, sekaligus beberapa bulan lalu kita juga menyelenggarakan rapat di Bali dan saya janjikan Partai Golkar akan merebut kembali kemenangan,” kata Airlangga.

Airlangga bersyukur atas kemenangan di 15 dari 38 provinsi, ia mengakui sejumlah ketua DPD harus gagal lolos dalam kontestasi namun baginya semua kader telah berupaya memenangkan partai.

Dari data real count sementara beberapa daerah yang diungguli partai beringin tersebut adalah Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Utara, namun Airlangga tidak menyebut lebih detil 15 provinsi yang dimaksud dalam penghitungan internal mereka.

Lebih rinci, politisi yang menjabat sebagai Menko Perekonomian tersebut menyebutkan ada 102 kadernya yang berhasil meraih tiket menuju Senayan, angka ini naik 20 persen dari Pemilu 2019.

Belum lagi, kata dia, ada 2-4 hasil yang masih menjadi sengketa, sehingga masih terbuka peluang partainya menambah keterisian kursi di DPR RI.

Dalam kegiatan syukuran yang dibarengi dengan buka puasa bersama itu, Airlangga Hartarto menekankan agar kadernya menjaga solidaritas, karena terbukti kemenangan mereka diraih berkat mendeklarasikan satu komando.

“Saya menggarisbawahi, Golkar jangan mau dipecah, Golkar jangan mau dimanfaatkan, dari sekarang sampai ke musyawarah nasional pasti ada yang berusaha memecah belah Golkar, tapi dengan kehadiran kita di sini, ini bukti, bahwa juga senior Partai Golkar bersama kita,” ujarnya.

Sejumlah senior Partai Golkar hadir dalam syukuran yang dibarengi dengan konsolidasi tersebut, seperti Luhut Binsar Pandjaitan dan Aburizal Bakrie.

Dalam momentum tersebut, Airlangga juga mengenalkan kader-kadernya di daerah yang berhasil mengangkat suara partai.

“Di sini ada Pak Ace Hasan, Ketua Golkar Institute dan Ketua DPD Jawa Barar, ini untuk pertama kali Golkar kembali merebut Jawa Barat,” ucapnya.

“Yang luar biasa Pak Ijeck (Musa Rajekshah), ini tidak memalukan, kampungnya Ketua Dewan Penasihat (Luhut Binsar), Golkar menang naik 100 persen di Sumatera Utara, dari empat kursi jadi delapan,” sambungnya memuji satu per satu.
Baca juga: Bamsoet syukuri keberhasilan Partai Golkar di Pilpres dan Pileg 2024
Baca juga: Airlangga sebut Jokowi dan Golkar memang sudah rapat
Baca juga: Airlangga yakin Golkar dapat kursi dalam jumlah signifikan di DPR

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024