Mekkah (ANTARA News) - Sebanyak sembilan bus dari kloter 1 Jakarta bergerak dari Mekkah ke Bandara Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (19/2) malam pukul 22.00 waktu Arab Saudi atau pukul 02.00 WIB menandai dimulainya kepulangan jamaah haji Indonesia.

Direktur Pembinaan Haji Kemenag Ahmad Kartono didampingi Wakil Ketua Muassasah Asia Tenggara Prof Zainini Banjar melepas keberangkatan kloter pertama dari kawasan Bakhutmah Mekkah yang akan kembali ke Tanah Air.

Sebelum melepas rombongan, Ahmad Kartono meminta jamaah untuk berhati-hati selama perjalanan pulang dan berharap agar semua menjadi haji yang mabrur.

Menurut Ketua Kloter 1 JKG Anis Fuad, anggota kloternya yang kembali lengkap berjumlah 455 orang dan tidak ada meningggal atau dirawat di rumah sakit.

"Alhamdulillah semua sehat dan tidak ada yang sempat dirawat," katanya yang memimpin jamaah dari Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Kloter 1 JKG akan berangkat dengan pesawat Garuda Indonesia dan direncanakan lepas landas pukul 07.20 waktu setempat atau pukul 11.20 WIB .

Pada Minggu (21/10) akan diberangkatkan 10 kloter antara lain kloter pertama dari embarkasi Jakarta-Bekasi, Solo, Balikpapan, Batam, Surabaya, Medan, Makassar dan Padang.
(b013/a011)

Pewarta: Budi Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013