Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi, dan Pelabuhan Prof Siwabessy Dermaga Gudang Arang siap beroperasi memfasilitasi angkutan Lebaran.
Ambon (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, Maluku memastikan tiga pelabuhan di kota ini siap melayani arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Setelah rapat koordinasi bersama insan maritim yang ada di Ambon, kami pastikan Pelabuhan Yos Sudarso, Pelabuhan Slamet Riyadi, dan Pelabuhan Prof Siwabessy Dermaga Gudang Arang siap beroperasi untuk memfasilitasi angkutan Lebaran tahun ini," ujar Kabid Lala KSOP Kelas I Ambon Iyan Ashari, di Ambon, Jumat.

Iyan menjelaskan bahwa Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menjadi dermaga untuk pelayaran kapal Pelni antarprovinsi, kemudian Pelabuhan Slamet Riyadi untuk melayani pelayaran menggunakan kapal cepat antarpulau, dan Pelabuhan Prof Siwabessy Gudang Arang selain untuk mengangkut penumpang juga sebagai dermaga angkut dan distribusi barang.

Saat ini pihaknya tengah gencar melakukan uji petik kelayakan pelabuhan dalam rangka meningkatkan kelancaran, keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi khususnya di sektor transportasi laut pada masa Idul Fitri 2024.

"Hal itu juga sebagai keseragaman dalam pelaksanaan pemeriksaan kelaiklautan kapal penumpang dan mekanisme pelaporan sesuai ketentuan. Selain itu untuk mempercepat proses rampcheck kapal dan pelabuhan, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada agen-agen kapal mengenai jadwal kapal mereka saat masuk ke Pelabuhan Ambon, sehingga nantinya bisa langsung dilakukan pemeriksaan tersebut," katanya pula.

Iyan melanjutkan bahwa pengecekan fasilitas pelabuhan dimulai dari fasilitas terminal, parkir, toll gate, pintu masuk dan keluar kendaraan, hingga penertiban pedagang asongan.

Pihaknya pun berfokus pada kenyamanan calon penumpang saat menunggu kapal di pelabuhan.

“Kalau dulu pedagang asongan bisa naik ke atas kapal untuk berjualan, maka saat ini tidak bisa lagi. Kami mulai batasi agar memberikan kenyamanan pada penumpang,” katanya lagi.

Selain pedagang asongan, pihaknya juga memperketat pintu masuk dan keluar pelabuhan yang dapat dilalui kendaraan. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan di ketiga pelabuhan tersebut.
Baca juga: KSOP catat penumpang mudik H-6 Lebaran di Ambon capai 24.154 orang
Baca juga: KSOP Ambon sediakan 2.120 kuota untuk mudik gratis


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024