Ambon (ANTARA) - Salah satu Kedai Kopi yang terletak di pinggiran pantai Kota Jawa, Teluk Ambon, Maluku, mengadakan buka puasa gratis bagi masyarakat yang berpuasa selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Pemilik kedai, Saiful Etlegar mengatakan, ini menjadi tahun kedua ia mengadakan program takjil gratis. Program takjil gratis ini menyajikan semua jenis minuman dari Kedai Karibo Coffe itu secara gratis, dengan harapan membawa suka cita kepada masyarakat.

“Semua jenis minuman atau semua menu yang ada di sini disajikan gratis bagi siapa saja. Siapa pun bebas untuk memilih menu sesuka hati dan sepuasnya,” kata Saiful di Ambon, Jumat.

Minuman yang tersedia seperti Matcha Milk, Capuccino, Americano, Chocollate, dan varian minuman lainnya. Tidak hanya itu, Karibo Coffe juga memberikan berbagai macam kue, hingga makanan berat.

Baca juga: ASDP-IIKA berikan takjil gratis pengguna jasa Pelabuhan Feri Penajam

Baca juga: RS Mandalika NTB bagikan ratusan takjil gratis


Menurut Saiful, kegiatan ini sangat berdampak positif untuk memotivasi orang lain dalam berbuat baik selama Ramadhan.

Ia menyatakan, setiap hari selama bulan Ramadhan, kedai mereka akan membuka pintunya bagi siapa saja yang ingin menikmati hidangan buka puasa tanpa dipungut biaya. Berapa pun orang yang mendatangi kedai, ia akan menyesuaikan.

"Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan sesama. Kami berharap inisiatif ini dapat memberikan sedikit bantuan kepada mereka yang membutuhkan dan membantu memperkuat ikatan sosial di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku, takjil gratis yang disediakan, sebagian berasal dari banyaknya orang maupun komunitas yang turut andil menyajikan makanan maupun open donasi.

“Dampak positifnya ada banyak orang yang terinspirasi untuk turut andil dan serta untuk ikut kegiatan ini. Jadi ada teman-teman yang datang bawa takjil, maupun donasi berupa uang, makanan siap untuk disaji,” ungkapnya.

Ia berharap, program ini berdampak bagi kaum Muslim untuk terus berbuat baik. “Di bulan puasa ini kita juga harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan lewat hal-hal baik maupun tindakan yang berdampak positif bagi masyarakat dan kehidupan yang lebih baik,” ucapnya.

Pengunjung kedai kopi sangat mengapresiasi langkah kedai tersebut. "Ini adalah tindakan luar biasa yang menunjukkan semangat kebersamaan yang sejati. Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini untuk berbuka puasa bersama tanpa khawatir akan biaya," ujar Fitri, salah satu warga yang ikut berbuka.

Baca juga: Pemkab Trenggalek bagikan makan gratis untuk berbuka puasa

Baca juga: Selama Ramadhan, banyak "maidaturrahman" gratis di Mesir

Pewarta: Winda Herman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024