Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan video saat Ketum NasDem Surya Paloh berjabat dan mencium tangan Presiden Jokowi. Unggahan tersebut dinarasikan Surya Paloh mengakui kesalahan dan kekalahannya pada Presiden Jokowi.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Momen surya paloh mencium tangan pak jokowi saat bertemu di istana negara

Namun, benarkah video tersebut merupakan saat Surya Paloh mengakui salah dan kalah terhadap Presiden Jokowi?

 

Unggahan video disinformasi yang menarasikan Surya Paloh cium tangan Jokowi di Istana Negara, mengakui salah dan kalah. Faktanya, video tersebut merupakan saat Jokowi hadiri HUT NasDem 2019 di JIExpo Kemayoran. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, unggahan video tersebut serupa dengan video YouTube akun Sekretariat Negara yang berjudul “Presiden Jokowi Menghadiri Perayaan HUT Partai Nasdem, Jakarta, 11 November 2019” menit ke 6:44 hingga 6:55.

Dalam video tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disambut oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menghadiri Puncak Peringatan HUT Ke-8 Partai NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta (11/11/19).

Dengan demikian, klaim video Surya Paloh cium tangan Jokowi di Istana Negara, mengakui salah dan kalah merupakan keliru.

Klaim: Video Surya Paloh cium tangan Jokowi di Istana Negara, mengakui salah dan kalah

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Surya Paloh salah satu tersangka korupsi di Kementan pada 21 Oktober

Cek fakta: Hoaks! Mahfud MD resmi gantikan Surya Paloh sebagai Ketum NasDem

Baca juga: NasDem: Pertemuan Jokowi dan Paloh sudah lazim

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024