Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan YouTube menarasikan bahwa Surya Paloh dipecat dari jabatannya Ketua Umum Partai NasDem karena terbukti korupsi.

Kemudian, Mahfud MD resmi menggantikan Surya Paloh atas perintah Jokowi. Thumbnail dalam unggahan tersebut terlihat Jokowi sedang bersalaman dengan Mahfud MD, didampingi wakil presiden, Ma’ruf Amin.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“GEMPAR SIANG INI || TERBUKTI K0RUP$I, MAHFUD MD RESMI GANTIKAN SURYA PALOH SEBAGAI KETUA NASDEM ??”

Namun, benarkah Mahfud MD gantikan Surya Paloh sebagai Ketua Umum NasDem?

 

Unggahan video hoaks yang menyatakan Mahfud MD resmi menggantikan Surya Paloh sebagai Ketum partai NasDem. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan narasi judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut merupakan hasil suntingan. Foto asli dalam unggahan tersebut merupakan momen saat Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima ucapan selamat dari Ketua MPR Bambang Soesatyo setelah pelantikannya sebagai presiden Indonesia untuk masa jabatan 2019-2024, di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, dilansir dari laman Setkab.

Selain itu, narator dalam unggahan tersebut hanya membacakan artikel dari laman Suara.com yang berjudul “Siap-siap! KPK Bakal Panggil Elite Nasdem Soal Dugaan Aliran Uang Miliaran Rupiah ke Partai di Kasus SYL”. Dalam artikel tersebut, KPK menyampaikan akan mendalami lebih lanjut soal aliran uang miliaran rupiah ke Partai NasDem dalam perkara korupsi yang menjerat mantan Mentan SYL. Pendalaman dilakukan dengan mengkonfirmasi ke SYL dan elite Partai NasDem.

Dengan demikian, narasi judul unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi video.

Klaim: Mahfud MD resmi gantikan Surya Paloh sebagai Ketum NasDem

Rating: Hoaks

Cek fakta: Disinformasi! Surya Paloh bubarkan Partai NasDem

Cek fakta: Disinformasi! Mahfud MD mundur dari kabinet Indonesia Maju pada September 2023

Baca juga: Mahfud MD, dari Menkopolhukam sipil pertama jadi bakal cawapres

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023