Masyarakat dapat menjadi lebih mandiri dalam menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga, serta meningkatkan ketahanan mereka terhadap berbagai risiko bencana
Depok (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pancasila (LPPM UP) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Garogol Cibulakan Kecamatan Cugenang Cianjur Selatan Jawa Barat.

"Kegiatan literasi bencana dan Tanaman Obat Keluarga -TOGA- ini adalah salah satu rangkaian dari tanggap bencana Universitas Pancasila untuk desa yang terdampak bencana," kata
Wakil Kepala LPPM UP Gunawan Baharuddin Ph D dalam keterangannya di Depok, Sabtu.

Kegiatan tersebut ini dihadiri oleh Wakil Kepala LPPM UP Gunawan Baharuddin beserta stafnya Riza Darma Putra MI Kom, juga Dra Umi Marwati M Si sebagai pemateri, perwakilan Mahasiswa Universitas Pancasila, dan Ketua RT Desa Garogol Cibulakan beserta 40 orang warga.

Pascakegiatan dengan tema "Literasi Bencana dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)" ini, Universitas Pancasila akan membangun kembali klinik yang semula hancur karena gempa bumi yang melanda Cianjur beberapa waktu silam, sebagai upaya nyata dalam mendukung pemulihan dan kesiapsiagaan masyarakat setempat.

Dalam materi literasi bencana, LPPM UP mengharapkan warga paham akan tindakan preventif serta tindakan awal saat terjadinya bencana, sehingga dapat meminimalkan kerugian dan dampak yang ditimbulkan serta meningkatkan keselamatan dan kesiapsiagaan masyarakat secara keseluruhan.

Kemudian pada materi TOGA, diharapkan masyarakat tidak lagi hanya mengandalkan obat-obat yang dijual, namun dapat memaksimalkan tanaman obat yang ada di sekitar lingkungan masyarakat tinggal untuk meningkatkan kemandirian dalam hal kesehatan serta mengurangi dampak negatif penggunaan obat kimia secara berlebihan.

Harapan dari UP pada kegiatan ini, dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang cara menghadapi bencana dan memanfaatkan potensi tanaman obat di sekitar mereka untuk keperluan kesehatan keluarga.

"Masyarakat dapat menjadi lebih mandiri dalam menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga, serta meningkatkan ketahanan mereka terhadap berbagai risiko bencana," demikian Gunawan Baharuddin.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024