wisudawan sekalian agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi
Tanjungpinang (ANTARA) - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) meluluskan sebanyak 501 wisudawan melalui sidang terbuka senat wisuda ke-22 sarjana dan pascasarjana periode semester genap tahun akademik 2023/2024.

Kegiatan wisuda yang bertempat di lapangan kampus UMRAH di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Sabtu yang dihadiri oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menegaskan pentingnya pendidikan sebagai landasan kemajuan suatu bangsa. Ia menekankan bahwa generasi muda yang berkualitas lahir dari pendidikan yang berkualitas.

"Mengutip kata-kata Nelson Mandela, pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia," kata Gubernur Ansar Ahmad.

Gubernur Ansar mengatakan Kepri merupakan salah satu provinsi yang aktif dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya nyata adalah melalui alokasi anggaran yang signifikan untuk pendidikan, termasuk bantuan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan tidak mampu.

Selain itu, ada juga kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri yang menjadi bagian dari strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kepri.

"Dari berbagai program ini, Kepri berhasil merah prestasi dalam peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), yang selalu berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan sumber daya manusia di wilayah Kepri," ungkapnya.

Baca juga: Budayawan Kepri Abdul Malik diangkat menjadi Guru Besar UMRAH
Baca juga: UMRAH ajukan hak cipta terhadap ratusan karya akademik


Gubernur Ansar juga mengajak 501 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan dan keilmuan yang berhasil diwisuda tersebut untuk mengambil peran pengabdian terbaiknya bagi kemajuan daerah, nasional, bahkan internasional.

Ia juga berharap para wisudawan dapat menjadi agen perubahan positif dalam dunia kerja, serta mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan di Kepri.

"Dengan gelar yang telah disandang saat ini, selayaknya saudara dapat berkontribusi aktif dalam mengembangkan ilmunya demi kemajuan kita bersama," ucapnya.

Sementara, Rektor Umrah Agung Dhamar Syakti menyampaikan dari 501 wisudawan yang lulus hari ini, terdiri dari sarjana (S1) sebanyak 402 orang dan pascasarjana sembilan orang.

“Kami menitipkan amanat kepada wisudawan sekalian agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan almamater tercinta ini, serta dapat ikut berperan serta dalam lembaga pengembangan program-program untuk kemajuan kampus pinang masak yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Rektor.

Rektor Agung juga menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih hari ini bukan merupakan akhir dari perjuangan, namun awal untuk menapak ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia berharap ke depan wisudawan yang telah lulus dapat mengamalkan ilmu dalam profesi saudara dengan baik dan penuh tanggung jawab.

"Semoga proses pembelajaran yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan di UMRAH dapat memperkuat nilai-nilai luhur kebenaran, sehingga mendapat keberkahan dan kebahagiaan," demikian Rektor UMRAH.

Baca juga: Empat mahasiswa UMRAH Kepri lolos program pertukaran mahasiswa merdeka
Baca juga: KKP tantang UMRAH lakukan riset perikanan budi daya di Kepri

 

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024