di Kabupaten Kediri, stok cabai mengalami surplus, pada cabai merah sekitar 317,8 ton dan cabai rawit 5.071,2 ton.
Kabupaten Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyebutkan harga cabai saat ini relatif stabil didukung dengan pasokan yang cukup melimpah.

"Kalau masalah harga sangat situasional sekali, selisih bisa tinggi. Tapi di harga saat ini tergolong stabil. Dari segi petani dapat untung, dari segi pengusaha yang berbahan baku cabai juga masih terjangkau," kata Kepala Bidang Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Arbai di Kediri, Minggu.

Ia menjelaskan pasokan cabai merah keriting saat ini sekitar 652 ton sedangkan kebutuhan Kabupaten Kediri berkisar 334,2 ton. Sedangkan stok cabai rawit sebanyak 5.353 ton, sementara kebutuhan kurang lebih 281,8 ton, khusus sepanjang bulan Maret 2024.

Menurut dia, dengan perbandingan antara ketersediaan stok dengan kebutuhan di Kabupaten Kediri, stok cabai mengalami surplus pada cabai merah sekitar 317,8 ton dan cabai rawit 5.071,2 ton.

Namun, ia mengatakan surplus tersebut akan dialokasikan keluar daerah. Sebab, Kabupaten Kediri juga mengirimkan stoknya untuk memenuhi permintaan pangan daerah lain.

"Kalau masalah dikirim ke Jakarta seperti ke Pasar Jatinegara dan Pasar Kramatjati. Kemudian wilayah timur, misalnya Banyuwangi dan Lumajang," ujar dia.

Baca juga: Pemkab Kediri bangun Pasar Ngadiluwih

Baca juga: Pj Wali Kota sebut Tol Kediri jadi pengungkit perekonomian


Ia menambahkan, pemerintah kabupaten juga tetap berupaya untuk menjaga ketersediaan stok cabai sehingga stok tetap ada. Terlebih lagi, panen juga berlangsung pada Maret-April sehingga pasokan dipastikan juga aman.

Pihaknya juga tetap mengimbau petani untuk menerapkan pola tanam sesuai dengan arahan petugas lapangan, sehingga pasokan juga tetap lancar dan petani juga tetap bisa produksi dengan bagus.

"Kami menyampaikan ke petani bahwa pola tanam supaya tetap berada di bawah arahan dinas terkait maupun petugas lapangan. Karena biasanya dari Kelompok Petani (Poktan) itu ada komunikasi rapat," kata Arbai.

Kabupaten Kediri selama ini dikenal sebagai daerah penghasil komoditas cabai yang cukup besar di Jatim, dengan sentra tanam di antaranya di Kecamatan Kepung, Puncu, Gurah, Ngasem dan Plosoklaten.

Harga cabai merah keriting rata-rata sekitar Rp49.500/kilogram, sedangkan harga cabai rawit rata-rata sekitar Rp37.833 per kilogram.

Kendati cuaca ekstrem, stok cabai di Kabupaten Kediri masih melimpah. Hal ini salah satunya dipengaruhi dari pola tanam yang diterapkan oleh petani.

Baca juga: Pemkot Kediri: Kenaikan harga beras pengaruhi daya beli masyarakat

Baca juga: Pemprov Jatim upayakan realisasi jalan tol Kediri-Tulungagung

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024