Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara bertekad mampu untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian selama Ramadhan, khususnya jelang Idul Fitri di daerah itu karena tuntutan ekonomi.

"Jelang Lebaran ini dinamika ekonomi berkembang sehingga orientasi orang ingin mendapatkan sesuai dengan cara cepat dan singkat," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, kondisi jelang Lebaran ini membuat pelaku aksi kriminal kerap melancarkan aksinya seperti melakukan pencurian rumah, pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan aksi kekerasan dan lainnya.

"Motor yang parkir di pinggir jalan diambil begitu saja," kata dia.

Baca juga: Polres Jakarta Utara libatkan warga jaga keamanan selama Ramadhan

Untuk itu, ia meminta agar personel kepolisian baik di jajaran Polres maupun Polsek untuk meningkatkan frekuensi patroli dan turun ke masyarakat.

Selain itu, menambah personel melakukan kegiatan rutin seperti patroli, kunjungan ke masyarakat dan lainnya.

Selain itu, melakukan razia kendaraan bermotor yang tidak fokus pada surat kelengkapan saja tapi barang apa yang dibawa oleh pengemudi.

"Jika ada barang yang mencurigakan dan tak lazim maka dapat ditindak," kata dia.

Baca juga: Polrestro Jakbar kerahkan Polisi RW jaga keamanan selama Ramadhan

Menurut dia, itu upaya antisipasi yang harus dilakukan agar aksi pencurian dapat diminimalkan dan tidak terjadi di masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga melibatkan organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta turun ke masyarakat melakukan sosialisi tentang pentingnya sistem keamanan lingkungan.

"Mengaktifkan pos ronda dan menjaga lingkungan tempat tinggal dengan kamera CCTV," katanya.

Ia berharap kamera itu  dipasang oleh masyarakat agar dapat memantau situasi di lingkungan mereka.

Baca juga: Polrestro Jaksel tingkatkan keamanan masjid menjelang Ramadhan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024