Ankara (ANTARA) - Siklon Tropis Megan menyebabkan curah hujan sangat tinggi di lepas pantai timur laut dari negara bagian Northern Territory Australia, serta diperkirakan akan meningkat intensitasnya ke sistem kategori tiga pada Minggu malam.

Hujan deras di dataran rendah tropis hingga Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai Australia utara, menyebabkan pemadaman listrik serta banjir di Arnhem Land, menurut laporan lembaga penyiaran publik ABC pada Minggu, dengan mengutip Biro Meteorologi negara tersebut.

Siklon tersebut saat ini berada di Teluk Carpentaria serta kemungkinan akan melanda pada Senin malam atau Selasa pagi, sebelum melemah.

Groote Eylandt adalah pulau terbesar di Teluk Carpentaria, sedangkan Arnhem Land adalah lahan adat bagi pemilik tanah tradisional suku Yolngu.

Siklon Tropis Megan terbentuk di Teluk Carpentaria, dekat Groote Eylandt pada Sabtu sore, dengan membawa curah hujan besar dan angin kencang ke sisi barat teluk.

Siklon tersebut menguat ke sistem kategori dua pada Sabtu malam, dan diperkirakan akan mencapai kategori tiga pada Senin malam atau Selasa dini hari antara Sungai Nathan dan perbatasan antara Wilayah Utara dan Queensland.

Diperkirakan siklon tropis tersebut akan segera kehilangan kekuatannya saat bergerak ke barat melintasi Northern Territory.

Pada Jumat, penduduk di bagian barat Arnhem Land dievakuasi karena meningkatnya banjir saat hujan deras melanda.

Baca juga: Ribuan orang dekat Great Barrier Reef Australia terdampak badai tropis

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024