Kudus (ANTARA) - PT PLN memastikan suplai energi listrik untuk pelanggan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dan sekitarnya tetap terjaga aman, meskipun Gardu Induk Kudus yang ada di Jalan Agil Kusumadya terdampak banjir.

"Meskipun kantor Gardu Induk PT PLN Kudus terdampak banjir, Insya Allah suplai energi listrik tetap terjaga aman," kata Humas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus Nurbowo Dwinalto di Kudus, Minggu.

Untuk mengatasi genangan banjir tersebut, kata dia, sudah disiapkan mesin pompa penyedot air. Sedangkan di pintu masuk sudah dibuatkan tanggul untuk mencegah air masuk ke kawasan gardu induk.

Keamanan Gardu Induk PLN, imbuh dia, memang penting karena sebagai penopang utama untuk pelanggan di Kabupaten Kudus dan sekitarnya dengan kekuatan 150-500 kV.

"Sehingga menjadi prioritas dan lebih diutamakan dibandingkan yang kecil-kecil. Namun, jika debit air terus menerus naik tentu ada risiko padam meluas. Tetapi dengan adanya mesin pompa dan tanggul mudah-mudahan aman," ujarnya.

Terkait dengan pemadaman listrik di sambungan rumah pelanggan terdampak banjir, kata dia, adalah dalam rangka menjaga keamanan penghuni rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jika tetap dihidupkan sangat berisiko, sehingga ketika banjir surut akan dinyalakan lagi," ujarnya.

Baca juga: Banjir meluas, jumlah pengungsi di Kudus bertambah capai 1.619 jiwa

Baca juga: Pertamina pastikan pasokan elpiji di Kudus aman, tak terganggu banjir

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024