Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda meresmikan organisasi Komunitas Pemuda Indonesia-Belanda (INYS) sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan kedua negara.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan, peresmian organisasi tersebut dilakukan di Aula Nusantara, KBRI Den Haag, Belanda, Sabtu (19/10).

Peresmian dilakukan melalui pemukulan gong bersama oleh KUAI KBRI Den Haag Witjaksono Adji dan Deputi Direktur Jenderal Urusan Politik Kemenlu Belanda Marissa Gerards.

Sebelumnya, Dubes RI, Retno LP Marsudi menyampaikan pidato melalui rekaman video.

Dalam pidatonya, Dubes mengapresiasi seluruh pihak atas pembentukan INYS sebagai bukti keinginan bersama untuk terus meningkatkan hubungan Indonesia dan Belanda.

"Pembentukan INYS adalah investasi penting dan tepat pada waktunya dalam pengembangan hubungan kedua negara di masa mendatang," kata Retno.

INYS jgua diharapkan dapat ikut berpartisipasi aktif misalnya melalui upaya peningkatan saling pengertian (better understanding) maupun kerja sama dengan organisasi lainnya baik di Belanda maupun Indonesia.

Sementara itu, Marissa Gerards yang mewakili Kemenlu Belanda turut mengapresiasi pembentukan komunitas itu, selain juga menyampaikan harapannya agar INYS dapat ikut mempromosikan dan meningkatkan "people-to-people contact".

Presiden INYS Rennie Roos menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak atas dukungan pembentukan INYS.

Roos mengatakan INYS yang mempunyai motto "The young Dutch and Indonesians of today, are the leader of tomorrow" siap bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya dalam mempromosikan dan menghubungkan para pemuda di kedua Negara.

Selama acara, ditampilkan pula penampilan budaya antara lain kolaborasi tarian Jawa dengan tari kontemporer, lagu-lagu tradisional Indonesia, serta kuliner Indonesia.

Meskipun peresmian INYS baru dilaksanakan Oktober 2013, organisasi tersebut telah secara aktif mendukung berbagai kegiatan promosi dan diplomasi Indonesia di Belanda.

Selain INYS untuk kerjasama para pemuda, terdapat pula INS ("Indonesia Netherlands Society") sebagai wadah kerjasama untuk kelompok masyarakat Indonesia-Belanda.
(P012/K007)

Pewarta: Panji Pratama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013