Bijaklah menggunakan uang rupiah di bulan Ramadhan ini
Kupang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengingatkan masyarakat di seluruh provinsi berbasis kepulauan itu untuk membelanjakan uangnya sesuai dengan kebutuhan di tengah kenaikan harga barang kebutuhan pokok jelang hari raya Idul Fitri.

"Bijaklah menggunakan uang rupiah di bulan Ramadhan ini," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah NTT Agus Sistyo Widjajati di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikan usai meluncurkan semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMB1) 2024 Sinergi Bank Indonesia dan perbankan guna memenuhi kebutuhan uang masyarakat di periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Dia menjelaskan bahwa program SERAMBI memasuki tahun pelaksanaan ke 3 di tahun 2024 yang dilaksanakan secara nasional dan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Negeri, mulai dari 15 Maret s.d 5 April 2024.

Pada tahun 2024 tema yang diambil yakni “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”. Selain mencerminkan bentuk kepedulian BI dalam rangka mendukung Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan wujud perhatian BI untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat.

Agus mengharapkan juga agar selain berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar belanja produksi dalam negeri, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui Rupiah.

Pelaksanaan SERAMBI sendiri lanjut dia kerja sama antara BI Provinsi NTT bersinergi dengan 23 perbankan di Kota Kupang dengan memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di loket perbankan di seluruh wilayah NTT yang tersebar di 70 titik penukaran pada loket perbankan. Informasi titik penukaran dapat dilihat dihttps://bit.ly/Selatan-NKRI.

Dia menjelaskan bahwa adapun layanan penukaran uang melalui mobil kas keliling dilaksanakan mulai Senin (18/3) 2024, tepat setelah peluncuran, di halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT.

Layanan selanjutnya melalui layanan Kas Keliling Bank Indonesia dan Perbankan di Hypermart bundaran Tirosa pada tanggal 20, 21, 22, 27 dan 28 Maret 2024, serta di LANUD El Tari pada tanggal 26 Maret 2024.

Masyarakat yang akan menukarkan uang di mobil layanan Kas Keliling Bank Indonesia dihimbau menggunakan aplikasi pintar (https://pintar.bi.go.id) untuk kelancaran proses penukaran.

Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy P. Funay mengapresiasi upaya BI NTT yang kembali meluncurkan SERAMBI untuk tahun ke tiga di Kota Kupang, karena tentunya program itu akan membantu masyarakat di Kota Kupang.

"Kami berterima kasih kasih BI NTT meluncurkan program ini di Kota Kupang, bisa saja BI lakukan di luar Kota Kupang," tambah dia.

Dia juga mengingatkan masyarakat di Kota Kupang untuk tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga kebutuhan pokok di Kota Kupang, sebab Pemkot dan BI NTT dan stakeholder lainnya terus bekerja sama untuk menstabilkan harga barang kebutuhan di pasaran.

Baca juga: BI NTT menyiapkan kas keliling penukaran uang sambut Idul Fitri
Baca juga: BI NTT siapkan Rp2,48 Triliun selama Ramadhan hingga Idul Fitri

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024