Gaza (ANTARA) - Pengiriman bantuan kemanusiaan  pertama dalam sekitar empat bulan mencapai Kota Jabalia di utara Gaza, kata sumber setempat pada Senin pagi.

Tentara Israel mengizinkan sembilan truk yang membawa bantuan kemanusiaan untuk memasuki Jalur Gaza utara, termasuk Jabalia, Beit Hanoun dan Beit Lahiya, kata beberapa sumber kepada Anadolu.

Bantuan yang terdiri atas tepung terigu, beras, makanan kaleng, dan gula itu tiba di kamp pengungsi Jabalia di bawah naungan dinas keamanan Pemerintah Gaza bekerja sama dengan kelompok Palestina.

Bantuan tersebut ditempatkan di gudang milik badan PBB untuk pengungsi Palestina, atau UNRWA.

UNRWA melakukan distribusi bantuan rutin pertamanya pada Minggu bekerja sama dengan pasukan keamanan Pemerintah Gaza dan kelompok Palestina.

Ratusan warga Palestina berbondong-bondong mendatangi pusat distribusi, dan setiap keluarga diberi lima kilogram tepung sebagai bagian dari distribusi bantuan.

Sedikitnya 27 orang tewas akibat kekurangan gizi dan dehidrasi di Gaza akibat blokade Israel, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Israel melancarkan serangan militer mematikan di Gaza sejak serangan lintas batas yang dilakukan kelompok Hamas Palestina pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Lebih dari 31.600 warga Palestina, yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak saat itu telah tewas di daerah kantong tersebut, dan hampir 73.700 orang lainnya luka-luka di tengah kehancuran massal dan kelangkaan kebutuhan bahan pokok.

Perang Israel telah memaksa 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap sebagian besar makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur daerah itu telah rusak atau hancur.

Israel dituding melakukan aksi genosida di Mahkamah Internasional. Putusan sementaranya pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk berhenti melakukan aksi genosida dan mengambil langkah untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan disalurkan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Palestina kecam Israel gunakan kelaparan sebagai senjata di Gaza
Baca juga: Kemenkes Gaza sebut 92 warga Palestina tewas dalam 24 jam terakhir

 Baca juga: Kapal bantuan kemanusiaan turunkan bantuan untuk Gaza utara

Penerjemah: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024