awalnya mitra pendukung program ini yakni lingkup internal Pemprov DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil menghimpun 50 mitra lintas sektor untuk mendukung program sembako murah yang bertujuan meringankan beban masyarakat dalam membeli bahan pangan pokok.
 
"Terhitung sejak pertama kali diadakan sembako murah, tercatat sudah 50 mitra lintas sektor yang terlibat dan mendukung program sembako murah, mulai dari lingkup internal Pemprov DKI Jakarta hingga perusahaan swasta," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono  saat meninjau kegiatan sembako murah di kantor Lurah Kamal Muara, Jakarta Utara, Senin.
 
Heru mengatakan awalnya mitra pendukung program ini yakni lingkup internal Pemprov DKI Jakarta melalui para Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait, seperti PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Dharma Jaya, dan Perumda Pasar Jaya. Kemudian, mitra pendukung bertambah dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi pemerintah lainnya, perusahaan swasta, serta komunitas.
 
Menurut Heru dengan keterlibatan tokoh masyarakat dan paguyuban warga, maka semakin banyak juga kepedulian warga terhadap sesama. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa masyarakat dan pemerintah bisa bekerja sama dalam mengatasi berbagai tantangan.
 
"Dalam hal ini di bidang penyediaan bahan pangan yang terjangkau bagi masyarakat di tengah momentum kenaikan harga. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, sehingga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan berjalan lancar," ujar Heru.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau kegiatan sembako murah di kantor Lurah Kamal Muara, Jakarta Utara, Senin (18/3/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Selain itu, Heru berharap keterlibatan warga dalam menyukseskan kegiatan sembako murah semakin bertambah, sehingga mampu dijadikan contoh untuk wilayah lain. Pemprov DKI Jakarta juga terus mengajak dan membuka kesempatan bagi mitra lainnya untuk berpartisipasi dalam menyediakan paket sembako dengan harga terjangkau.
 
"Berbagai upaya akan terus dilaksanakan dalam menjaga kestabilan harga pangan, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan tenang," ucap Heru.
 
Adapun paket sembako murah yang disiapkan di kantor Lurah Kamal Muara, Jakarta Utara sebanyak 1.500 paket. Masyarakat bisa mendapatkan paket sembako seharga Rp100.000 yang terdiri dari beras 5 kilogram (kg), gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, dan tepung terigu 1 kg, dengan jumlah paket sembako yang tersedia sebanyak 1.000 paket.
 
Selain itu, tersedia juga mi cepat saji (instan) tujuh bungkus seharga Rp10.000 serta aneka bahan pangan protein hewani antara lain daging ayam, daging sapi, telur ayam, cumi dan lain-lain dengan harga di bawah pasar.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan kegiatan sembako murah di Kamal Muara disambut antusias oleh warga. Hal itu karena adanya keterlibatan warga yang berasal dari paguyuban nelayan sekitar yang menyosialisasikan program ini, serta BUMD PAM Jaya dalam memfasilitasi paket sembako.
 
"Kita bisa melihat bahwa peran serta masyarakat ini sangat terasa dampaknya. Khususnya, bagi masyarakat dari paguyuban nelayan, para tokoh dari sana turut terlibat untuk sosialisasi program ini ke masyarakat sekitar. Selain itu, kita juga apresiasi keterlibatan PAM Jaya, yang ikut menyumbang untuk warga, seperti menggratiskan produk mi instan untuk mereka yang butuh," jelas Suharini.
 
Turut mendampingi Heru antara lain Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.
Baca juga: DKI pastikan Program Sembako Murah terus ada selama Ramadhan
Baca juga: Kolaborasi komunitas dan perusahaan hasilkan pangan murah di Jakut
Baca juga: Pasar Jaya pastikan sembako murah tersedia jelang HBKN

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024