Sudah ada beberapa spot yang menawarkan sisi seni budaya untuk dijadikan sebagai satu wisata budaya di Papua Barat Daya.
Sorong (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (Pemprov PBD) menyiapkan atraksi budaya sebagai daya tarik wisata budaya untuk menjawab kebutuhan para wisatawan yang berkunjung ke potensi wisata di provinsi ke-38 RI ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Barat Daya Yusdi Lamatenggo, di Sorong, Senin, menjelaskan upaya itu dilakukan untuk meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan pengalaman yang lebih berkesan bagi para wisatawan.

Berkaitan dengan itu, pihaknya telah memetakan potensi budaya di setiap daerah di Papua Barat Daya untuk dikemas menjadi atraksi menarik kemudian disiapkan menjadi atraksi bagi para pengunjung.

"Sudah ada beberapa spot yang menawarkan sisi seni budaya untuk dijadikan sebagai satu wisata budaya di Papua Barat Daya," katanya pula.

Dia berkomitmen akan memperbanyak dan mendorong pentas-pentas seni budaya bersama para sanggar seni dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi dan kabupaten kota di Papua Barat Daya.

"Kami ingin wisatawan yang datang ke Papua Barat Daya tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tetapi juga merasakan kekayaan budaya di wilayah ini," ujarnya.

Pemerintah berencana mempersiapkan beberapa atraksi budaya, antara lain pertunjukan tari tradisional, musik tradisional, dan permainan tradisional.

Selain itu, Pemprov PBD juga akan menggelar festival budaya yang akan menampilkan berbagai macam kesenian dari seluruh Papua Barat Daya.

"Kami juga akan melibatkan masyarakat lokal dalam pengembangan atraksi budaya ini, sehingga mereka juga dapat merasakan manfaat dari sektor pariwisata," katanya pula.

Dia mengakui bahwa Papua Barat sangat Daya kaya dengan budaya lokal, sehingga kekayaan itu perlu dieksplorasi melalui atraksi, selain sebagai pertunjukan untuk pemenuhan kebutuhan wisatawan tetapi juga lebih dikenal banyak orang.
Baca juga: Pemprov PBD jadikan Bandara DEO sebagai representasi wisata di Sorong
Baca juga: Pemprov PBD gandeng Uncen hadirkan sekolah pariwisata di Kota Sorong

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024