Yang dibahas kesiapan lapangan upacara dan sarana pendukung lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara kenegaraan itu
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas kesiapan pelaksanaan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 di kawasan ibu kota negara baru Indonesia bernama Nusantara.
 
"Menhan bahas kesiapan pelaksanaan upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun usai mengikuti pertemuan tertutup bersama Menhan di Penajam, Senin.
 
Pertemuan tertutup bersama Menhan Prabowo Subianto itu dilakukan di ruang pertemuan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Kota Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
 
"Yang dibahas kesiapan lapangan upacara dan sarana pendukung lainnya untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan upacara kenegaraan itu," jelas bupati.
 
Pertemuan itu juga membahas kesiapan pembangunan kantor pemerintahan yang bakal digunakan setelah pelaksanaan upacara kemerdekaan.

Baca juga: OIKN gelar seminar kota hutan berkelanjutan pada Mei tahun ini

Baca juga: Prabowo cek pembangunan IKN untuk persiapan upacara HUT RI

Baca juga: OIKN sebut Gen Z dan milenial tertarik pindah ke IKN
 
Termasuk kesiapan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, dalam memberikan daya dukung di ibu kota negara baru Indonesia.
 
Pembangunan jalan tol prasaran penunjang transportasi Kota Nusantara yang dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, diharapkan segera rampung agar transportasi pejabat dan tamu negara tidak terhambat dan lancar.
 
"Menhan sampaikan terkait mekanisme pelaksanaan upacara dan juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan sarana prasarana," kata bupati.
 
"Beliau pahami kondisi dan persiapan di Kota Nusantara, dan minta dapat terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Makmur Marbun.
 
Menhan Prabowo Subianto sekaligus melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi pembangunan di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara terutama istana dan kantor kepresidenan, serta lapangan upacara yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara
 
Rombongan Kementerian Pertahanan setelah melakukan kunjungan dari Kalimantan Selatan, mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan, pagi harinya melanjutkan perjalanan melalui jalur udara dengan helikopter menuju Kota Nusantara, dan kembali ke Jakarta sekitar pukul 11.30 WITA.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024