Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun melakukan pemantauan terkait pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura usai tenaga medis melaporkan beberapa hal yang menjadi masalah utama dalam pengelolaan rumah sakit tersebut.

Pada kunjungan tersebut pihaknya didampingi Penjabat Sekda Papua Derek Hegemur dan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Suzana Wanggai dan Kepala Dinas Kesehatan Roby Kayame, Senin.

Baca juga: Menkes desak Pemda segera bayarkan TPP tenaga kesehatan RSUD Jayapura

"Kunjungan ini kami ingin memastikan pelayanan rumah sakit di sini baik dan berdasarkan hasil memang beberapa peralatan yang rusak, untuk itu segera diperbaiki,” kata Ridwan.

Untuk itu pihaknya meminta agar melakukan pendataan apa saja yang perlu dibenahi, termasuk limbah (sampah) menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pengelolaan.

"Kami akan bantu perbaikan mesin pembakaran sampah rumah sakit yang rusak, juga akan mengecek instalasi kelistrikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga telah menugaskan Penjabat Sekda Papua Derek Hegemur untuk mengecek kebutuhan biaya berapa dan langsung dibantu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aaron Rumainum mengatakan ada beberapa masalah yang terjadi di RSUD Jayapura.

Baca juga: Pemprov Papua segera benahi kerusakan di RSUD Jayapura

Baca juga: RSUD Jayapura rawat 77 pasien di tenda akibat gempa susulan M 5,4


“Seperti alat-alat kesehatan yang rusak, termasuk mesin pengelolaan sampah rumah sakit dan genset,” katanya.

Menurut Aaron, salah satu faktor adalah minimnya anggaran untuk rumah sakit saat ini. "Dari laporan tenaga medis saat menyampaikan aspirasinya soal minimnya anggaran, sehingga gubernur langsung mengecek masalah yang terjadi, dan akan segera mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya," ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024