Tahun depan 2 juta jamaah dari kami konsumsinya.
Solo (ANTARA) - Produk makanan cepat saji asal Kota Solo, Jawa Tengah, siap memenuhi konsumsi jamaah haji Indonesia dengan menu khas Nusantara.

Pemilik Wong Solo Group sebagai produsen MakanKu Puspo Wardoyo, di Solo, Senin, berharap tahun ini bisa memenuhi kebutuhan jamaah haji Indonesia, menyusul selesainya pembangunan pabrik di Arab Saudi.

"Sekarang kan pabrik kapasitasnya baru 80.000 pak per hari. Jadi belum semuanya," katanya lagi.

Dengan terbatasnya kapasitas di pabrik Arab Saudi, sebagian kebutuhan makanan dikirimkan dari pabrik di Indonesia.

"Tahun depan 2 juta jamaah dari kami konsumsinya," katanya pula.

Dia menambahkan, ada dua pabrik yang didirikan di luar negeri. Satu di antaranya untuk memenuhi kebutuhan jamaah haji dan satu lagi untuk kebutuhan anggota militer di negara setempat.

Terkait dengan pabrik yang didirikan di luar negeri, kata dia lagi, merupakan kerja sama antara PT Hati Barokah Investama (PT HBI) dengan perusahaan Mashariq (Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company).

Selain memenuhi kebutuhan jamaah haji, pihaknya juga berupaya melakukan ekspansi pasar ke beberapa negara lain. Meski demikian, ia masih enggan membocorkan negara mana saja yang dibidik.

"Ini bisa masuk ke empat negara. Harus bisa kerja sama. Kalau haji kan sudah. Produknya tetap dari dalam negeri," katanya lagi.
Baca juga: Pengusaha Solo bangun pabrik di Arab Saudi penuhi konsumsi haji
Baca juga: Jamaah haji Indonesia dipastikan dapat makan selama di Arafah

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024