Kegiatan itu menjadi upaya mendorong mahasiswa untuk menulis hasil penelitiannya dalam bentuk buku
Gorontalo (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mendorong mahasiswa untuk menulis hasil penelitian atau karya ilmiah dalam bentuk buku.

Kepala UPA Perpustakaan UNG Ismet di Gorontalo, Senin, mengatakan pihaknya menggelar kegiatan Bincang Literasi dengan tema "Tips dan Trik Mengembangkan Hasil Penelitian Menjadi Buku di Perguruan Tinggi".

Baca juga: OIKN bermitra dengan tiga kampus Belanda dalam program penelitian

Kegiatan itu menjadi upaya mendorong mahasiswa untuk menulis hasil penelitiannya dalam bentuk buku.

Ia mengatakan, tips dan trik pengembangan hasil penelitian diberikan sebagai bentuk komitmen dalam mendorong serta memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan karya buku dari hasil penelitian yang dilakukan.

Menurutnya, hasil penelitian mahasiswa dalam bentuk skripsi, tesis dan disertasi memiliki nilai manfaat akademik jika dikembangkan dalam bentuk buku.

"UPA Perpustakaan juga akan memfasilitasi mahasiswa dalam penulisan buku dengan menyiapkan layanan untuk konsultasi dan pembiayaan. Ini merupakan cara agar mahasiswa tertarik untuk mengkonversi hasil penelitian mereka menjadi buku," kata Ismet.

Baca juga: Puslitbang Polri supervisi dan penelitian Polisi Siber di Polda Sulut

Wakil rektor bidang akademik Dr. Abdul Hafid Olii, M.Si mengapresiasi komitmen UPA Perpustakaan yang mendorong pengembangan karya tulis mahasiswa.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat konsisten dilaksanakan sehingga dapat memotivasi mahasiswa menghasilkan buku akademik yang memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.

"Buku merupakan jendela dunia sehingga karya ilmiah yang ditulis dalam bentuk buku dipastikan akan lebih memberikan banyak manfaat dan bisa dibaca semua orang baik yang ada di lingkungan kampus maupun masyarakat luas," katanya.

Baca juga: BRIN ungkap penyebab ruang angkasa gelap meski ada matahari

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024