Jakarta (ANTARA News) - Pameran potensi daerah dan ekonomi kreatif Purworejo Expo 2013 ditargetkan mampu meraup nilai transaksi Rp2,5 miliar, meningkat dua kali lipat dari tahun lalu sebesar Rp1,2 miliar.

"Pelaksanaan Purworejo Expo tahun ini diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Baik dari sisi peserta, jumlah pengunjung maupun nilai transaksi," kata Sumharjono, Ketua Panitia Purworejo Expo 2013 dalam keterangan persnya, Selasa.

Menurut dia, pameran yang berlangsung 30 Oktober hingga 3 November 2013 di alun-alun Purworejo ini akan dibuka oleh Menko Kesra Agung Laksono bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Mereka sudah menyatakan kesediaannya untuk bersama membuka Purworejo Expo 2013. Semua persiapan sudah dilakukan kami tinggal menunggu peresmian pembukaan," ujarnya.

Pada tahun 2012, jumlah pengunjung mencapai 40 ribu orang sedangkan pada tahun ini ditargetkan menembus 50 ribu pengunjung.

Sumharjono mengungkapkan Purworejo Expo 2013 yang memilih tema "Dengan Pertanian, Ekonomi Kreatif, Pariwisata, Industri dan Perdagangan Meningkatkan Investasi dan Kesejahteraan Masyarakat" diisi berbagai kegiatan. Selain pameran juga ada gelar budaya dan seni, pesta kuliner serta talkshow.

"Untuk ajang pameran akan diikuti 150 stan yang menampilkan berbagai produk dan komoditi unggulan serta aneka produk ekonomi kreatif," paparnya. Diungkapkannya, domba Ettawa dengan aneka produknya menjadi daya tarik pameran di samping aneka produk herbal, batik dan industri logam.

Sementara untuk pesta kuliner diikuti 50 stan yang menampilkan aneka makanan khas Purworejo serta beberapa makanan khas daerah lain. "Clorot, jajanan khas Purworejo bisa ditemukan dalam pesta kuliner," katanya.

Kegiatan seni dan budaya akan menampilkan aneka kesenian khas Purworejo. "Nanti akan ditampilkan Ndolalak, ini kesenian kuda lumping yang hanya ada di Purworejo. Juga ada pagelaran musik," ujar dia. Selain itu juga diisi oleh delegasi kesenian dari berbagai kecamatan di Purworejo.

Menurut Sumharjono, Purworejo Expo 2013 tak hanya menampilkan potensi Purworejo namun juga ada stan dari daerah lain, stan dari empat kementerian dan instansi pemerintah serta melibatkan puluhan perusahaan swasta dan BUMN.

Purworejo Expo 2013, menurut Sumharjono merupakan rangkaian acara peringatan hari jadi kabupaten Purworejo ke-1112. "Kegiatan ini juga bertujuan menggairahkan perekonomian Kabupaten Purworejo, sedangkan berbagai ajang seni, budaya dan hiburan diharapkan bisa menarik wisatawan," jelasnya.
(F004/Z002)

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013