Jakarta (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Timur mengungkapkan penyebab kemacetan parah yang terjadi di sekitar akses pintu Tol Buperta Cibubur hingga Jalan Alternatif Cibubur dan Mal Cibubur Junction pada Senin (18/3) malam.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur Kompol Arry S. Utomo mengatakan kemacetan parah tersebut disebabkan oleh kendaraan yang saling berebut akses jalan.

"Kemacetan lalu lintas yang terjadi tersebut dikarenakan adanya kepadatan kendaraan yang saling berebut akses jalan," kata Kompol Arry S. Utomo ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin malam.

Kemacetan itu pun viral di media sosial karena sejumlah pengguna kendaraan umum Jaklingko terpaksa turun berjalan kaki karena lamanya arus lalu lintas.

"Hanya kepadatan saja, saat ini lalu lintas sudah mulai lancar karena petugas telah mengurainya," imbuhnya.

Baca juga: Selama Ramadhan, ada pergeseran jam kemacetan di Jakarta

Arry menjelaskan, awal kepadatan tersebut dimulai dari putaran jalan yang berbentuk cincin di depan Cibubur Junction.

Kemacetan lalu lintas tidak terhindarkan karena kendaraan roda empat berupa bus, angkutan umum dan mobil pribadi saling berebut akses.

"Kendalanya putaran cincin awalnya, kemudian setiap kendaraan pada berebut dulu-duluan," tuturnya.

Lantaran saling berebut akses jalan, jelas Arry, jalur lalin dari arah Cileungsi menuju arah Jakarta Timur pun tersendat sementara.

"Kemudian yang dari arah Barat juga menutup arus lalin dari arah Bulak Sereh, maka dari itu mengakibatkan tersendat," kata Arry.

Adapun saat ini, situasi arus lalu lintas di sekitaran kawasan tersebut sudah mulai kembali normal.

Baca juga: Dishub DKI sebut peringkat Jakarta sebagai kota termacet kian membaik

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024