Berdasarkan keterangan di laman web resmi BMKG di Jakarta, Selasa, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Serang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Mamuju, Gorontalo, Manado, dan Ternate
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan mendominasi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada Selasa ini.

Berdasarkan keterangan di laman web resmi BMKG di Jakarta, Selasa, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Banda Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Serang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Mamuju, Gorontalo, Manado, dan Ternate.

Sejumlah daerah seperti Pekanbaru, Bandung, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, dan Kendari diprakirakan berawan, serta Ambon dengan awan yang lebih tebal pada hari ini.

Sedangkan hujan diprakirakan turun di sejumlah wilayah seperti Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Palembang, Palangkaraya, Mataram, Kupang, Manokwari, Makassar, dan Jayapura dengan intensitas ringan, serta Bandar Lampung dengan intensitas sedang.

Terkait adanya perubahan iklim di sejumlah wilayah di Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan kemunculan banyak siklon tropis mengindikasi perubahan iklim yang telah berkontribusi dalam peningkatan intensitas kejadian cuaca ekstrem di Indonesia.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan mengatakan saat ini tiga siklon tropis telah menyebabkan bencana hidrometeorologi di berbagai daerah.

"Kemunculan mata badai banyak, frekuensi kejadian ekstrem meningkat, dan juga lokasinya bertambah," kata Eddy (18/3).

Selain kemunculan siklon tropis di wilayah perairan Indonesia yang berbatasan dengan Australia, dua mata badai yang juga muncul di atas Jepang.

Keberadaan siklon tropis dalam jumlah banyak tersebut tidak hanya menimbulkan bencana hidrometeorologi, tetapi juga menarik angin dingin dari Kutub Selatan yang membuat udara di Indonesia terasa cukup dingin.

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024