Beijing (ANTARA) - Bank sentral China, People's Bank of China (PBOC), pada Senin (18/3) mengeluarkan panduan pengguna e-CNY (yuan digital), langkah terbaru yang bertujuan untuk memfasilitasi pembayaran seluler (mobile payment) bagi warga asing.

Pengguna ponsel dapat mencari "e-CNY" di App Store atau Google Play untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yuan digital, lalu mengeklik opsi "Daftar" (Sign up) untuk mendaftarkan akun, menurut pernyataan dwibahasa dari PBOC.

Selanjutnya, klik "Buka/Tambah Dompet e-CNY" (Open/Add e-CNY Wallets) dan pilih operator resmi yang mendukung layanan internasional untuk menyelesaikan proses registrasi dan mulai menggunakan dompet e-CNY, jelas pernyataan itu.

Dompet e-CNY dapat didaftarkan menggunakan nomor ponsel dari 210 lebih negara dan kawasan, menurut pernyataan bank sentral itu.

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan pembayaran bagi warga asing di China, Alipay menambah bahasa layanannya menjadi 16 bahasa dari sebelumnya dua bahasa, yaitu Mandarin dan Inggris.

Pada awal Maret, Alipay dan WeChat Pay, dua aplikasi pembayaran utama di China, mengumumkan bahwa pengguna asing kini dapat menghubungkan kartu kredit internasional mereka, termasuk Visa dan Mastercard, ke platform tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024