Palembang (ANTARA News) - Tim Nasional Indonesia menargetkan juara International Sepak Takraw Federation Super Series 2013 di Kinabalu, Malaysia pada 28 Oktober hingga 4 November, setelah menempati urutan kedua pada klasemen sementara.

"Indonesia sementara ini menempati urutan kedua tapi bukan suatu masalah, mengingat peluang menjadi juara masih sangat terbuka asal sapu bersih pada putaran final (seri ketiga)," kata Manajer Tim Nasional Putra Islah Taufik Effendy di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, berdasarkan klasemen sementara hasil pertandingan seri pertama di Thailand (Mei 2013) dan seri kedua di India (September 2013), Indonesia menempati posisi kedua. Sedangkan peringkat pertama ditempati Thailand dan Korea Selatan.

"Tim yang paling diunggulkan tentunya Thailand karena memiliki tradisi juara selama ini, namun bukan berarti tidak bisa diungguli karena Indonesia juga pernah mengalahkan saat seri di Thailand pada ajang serupa dua tahun lalu," kata Sekretaris Umum Pengurus Provinsi PSTI Sumatera Selatan ini.

Sementara itu kekuatan tim Korea Selatan sendiri tidak boleh diremehkan karena mampu membuat kejutan dengan menjadi juara pada seri di India.

Demikian pula halnya dengan tim tuan rumah Malaysia yang diprediksi bakal tampil baik, karena bertanding dihadapan pendukung sendiri.

"Seri ke-3 ini adalah penentuan, artinya semua tim akan berjuang maksimal dan Tim Indonesia tidak boleh lengah," ujar Ketua Bidang Organisasi Persatuan Sepak Takraw Indonesia ini.

Meski harus berjuang keras pada seri final nanti, namun ia optimistis akan menuai hasil positif, mengingat para atlet dipersiapkan dengan matang dalam pemusatan latihan nasional selama tiga bulan di Jakarta.

Para atlet itu juga mendapatkan kesempatan beruji coba ke beberapa negara Asia Tenggara.

Tim Indonesia sendiri akan diperkuat Abrian Sihab Aldilatama, Victoria Eka Prasetyo, Novrizal, Hendra Pago, Syaed Nur Adil, Rike Media Sari, Lena, Hasmawati Umar, Akyko Umar, dan Eva Rahmawati.

Tim sepak takraw Indonesia mampu meraih hasil menggembirakan pada seri kedua ISTAF Super Series di New Delhi, India, dengan meraih medali perak untuk tim putri dan medali perunggu bagi tim putra.

Tim putra harus puas dengan perunggu setelah mengalahkan tuan rumah India. Sedangkan, medali emas dan perak kelompok putra diraih Korea Selatan dan Malaysia.

Kejuaraan ISTAF Super Series ini diikuti 12 negara di antaranya, India, Thailand, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat, Brasil, dan lain-lain.

Indonesia sendiri menjadikannya ajang ini sebagai uji coba sebelum berlaga pada SEA Games XXVII di Myanmar, Desember 2013.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013