Program Mudik Gratis Lebaran 2024 diperuntukkan bagi warga yang berada di perantauan
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyediakan delapan bus untuk menjemput warga daerah setempat yang berada di perantauan dalam Program Mudik Gratis Lebaran 2024.

Kepala Terminal Tipe A Pekalongan Senewan di Pekalongan, Selasa, mengatakan bahwa program persiapan Mudik Lebaran 2024 tersebut dimulai 4 April 2024 atau H-7 sampai H+7 Lebaran 1445 Hijriah.

"Program Mudik Gratis Lebaran 2024 diperuntukkan bagi warga yang berada di perantauan. Oleh karena itu, kami persilakan bagi warga yang berada di perantauan bisa memanfaatkan program gratis itu," katanya.

Menurut dia, bagi masyarakat yang ingin mudik gratis dengan menggunakan armada bus dipersilakan mengakses pendaftarannya melalui aplikasi Mitra Darat atau klik Link mudikgratis.jakarta.go.id.

Program Mudik Gratis Lebaran 2024 tersebut, kata dia, bertujuan untuk mendukung program Kementerian Perhubungan dalam upaya mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Baca juga: Pemkot Pekalongan memotivasi pelaku usaha RPH miliki sertifikat halal

Baca juga: Pemkot Pekalongan pastikan stok bahan pangan aman hingga Lebaran


Dikatakan, seperti tahun sebelumnya, program mudik gratis untuk kendaraan dan ada angkutan penumpang gratis, baik program dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis sehingga bisa digunakan untuk mobilitas di kampung," katanya.

Senewan mengatakan untuk menjaga keamanan selama di perjalanan, masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor sebagai upaya menekan potensi terjadinya kecelakaan.

"Kami tidak bosan-bosannya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan, apalagi saat ini kondisi jalan banyak yang rusak akibat curah hujan tinggi. Oleh karena itu, kami berharap warga bisa melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan agendakan operasi pasar murah saat Ramadhan

Baca juga: Pemkot Pekalongan dan MCI dirikan gerai produk unggulan UMKM 




 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024