Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional senam Indonesia Eva Novalina mengatakan akan kebut latihan fisik pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi pasca mengalami cedera.

"Melihat persiapan Rifda saat ini karena berhubungan dengan pemulihan cederanya jadi kami mantapkan dulu kondisi fisiknya dan jika fisik sudah siap Rifda tinggal mempersiapkan tekniknya ini," kata Eva Novalina kepada pewarta, Selasa.

Eva akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan Rifda menuju gelaran Olimpiade 2024 Paris dengan kondisi dan penampilan yang sama seperti ditunjukkannya di World Championship.

Baca juga: Pesenam Indonesia Rifda lolos ke Olimpiade Paris 2024

"Menghadapi Olimpiade ini kita berharap mempersiapkan Rifda untuk minimal tampil sama seperti World Championship tinggal apa-apa yang di sana masih ada kekurangannya kita kita perbaiki," ujar Eva.

"Kita berharap Rifda (nanti) tampil di semua nomor. Dengan spesialisasinya Rifda, dengan lolosnya kemarin Rifda juga di semua nomor itu akan tampil di semua alat," tambahnya.

Pesenam berusia 24 tahun tersebut mengatakan kini telah mencapai 80 persen kesiapan sebelum turun di Olimpiade Paris.

Baca juga: Rifda ungkap persiapan menuju Olimpiade capai 80 persen

"Untuk persiapannya secara fisik sih sudah 70 sampai 80 persen. Kalau untuk teknik masih 50 persen," kata Rifda.

Atlet andalan Indonesia tersebut kini fokus mempersiapkan kondisi fisik dan teknik sebelum turun di ajang AGU WAG Senior Championships yang berlangsung di Uzbekistan untuk pemanasan sebelum turun di Paris.

Usai mengikuti AGU WAG Senior Championships 2024 di Taskhent, Uzbekistan pada 22-26 Mei mendatang, Rifda bakal melakoni pelatnas yang berlangsung di Belanda.

Baca juga: Rifda ke Belanda dalam persiapan Kejuaraan Dunia Senam 2023 di Belgia
Baca juga: Persani jaring bibit pesenam melalui Indonesia Gymnastics Open 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024