Kami akan berkonsentrasi membuat terobosan dalam teknologi-teknologi inti utama dan membidik puncak pengembangan industri di lebih dari 20 bidang
Beijing (ANTARA) - Kota Beijing akan fokus membangun dirinya menjadi pusat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) internasional utama dan memanfaatkan peran strategisnya sebagai ibu kota negara untuk mengembangkan kekuatan produktif berkualitas baru dalam upaya meningkatkan pembangunan berkualitas tinggi kota tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, upaya Beijing itu telah meraih berbagai hasil yang luar biasa. "Kota ini menempati peringkat teratas dalam daftar "Nature Index Science Cities" selama delapan tahun berturut-turut, serta masuk dalam jajaran kota paling inovatif di dunia," kata Wali Kota Beijing Yin Yong dalam konferensi pers, Selasa (19/3).

Volume transaksi kontrak teknologi di Beijing pada 2023 menembus 850 miliar yuan, dengan rata-rata 337 perusahaan teknologi didirikan setiap harinya.

Dalam menghadapi babak baru perubahan teknologi dan industri global, menurut Yin, Beijing akan terus berupaya meningkatkan kemampuan penelitian iptek, memperdalam reformasi sistem iptek, serta memperkuat pembinaan dan introduksi talenta.

"Kami akan berkonsentrasi membuat terobosan dalam teknologi-teknologi inti utama dan membidik puncak pengembangan industri di lebih dari 20 bidang, seperti informasi masa depan, kesehatan, manufaktur, energi, material, dan ruang angkasa," tambah Yin.

Selama bertahun-tahun, Beijing meningkatkan manajemen perkotaannya, terutama di bidang berkendara otonomos tingkat tinggi.

Tiga tahun yang lalu, kota metropolitan itu memimpin dalam pengadopsian teknologi kolaborasi kendaraan-jalan untuk mempromosikan pengembangan teknologi berkendara otonomos,  Yin berujar.

Area untuk berkendara otonomos di Beijing akan diperluas dari 160 kilometer persegi menjadi 600 kilometer persegi tahun ini, dan penerapan teknologi tersebut akan dapat diakses di lima stasiun kereta utama serta Bandar Udara Internasional Daxing Beijing dan Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing.

"Kami berharap dapat menarik lebih banyak perusahaan serta lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) terkemuka ke bidang berkendara otonomos, dan untuk meningkatkan fasilitas pendukung hulu dan hilir dalam rantai industri. Kami menyambut semua jenis modal, terutama modal jangka panjang, untuk meningkatkan investasi di bidang ini," demikian Yin menuturkan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024