Jakarta (ANTARA) - Jepang memperingatkan para penggemar sepak bola di negara itu agar tidak pergi ke Korea Utara guna menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara timnas Jepang dan Korea Utara yang dilangsungkan di Pyongyang.

Kementerian luar negeri Jepang meminta dengan sangat kepada para pecinta timnas untuk tidak menghadapi pertandingan 26 Maret nanti yang merupakan laga Jepang versus Korea Utara pertama sejak 2011.

"Sebagaimana Anda semua tahu, Korea Utara menganut pandangan yang bermusuhan kepada Jepang dan oleh karena itu bepergian ke sana tak direkomendasikan," tulis Kementerian Luar Negeri Jepang dalam X, seperti dikutip AFP pada Rabu.

Kamis pekan ini Jepang dan Korea Utara saling berhadapan di Tokyo dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026, yang disusul laga tandang pekan depan.

Meskipun melarang para penonton Jepang pergi ke Korea Utara, Kementerian Luar Negeri Jepang tak melarang timnas negeri itu pergi ke Korea Utara. Kedua negara tak memiliki hubungan diplomatik.

Sebanyak 14 pejabat pemerintah Jepang dan sejumlah kecil wartawan akan mendampingi Samurai Biru bertandang ke Korea Utara.

Bulan lalu, tempat pertandingan leg pertama playoff sepak bola putri untuk Olimpiade Paris dipindahkan dari Korea Utara ke Arab Saudi yang dianggap netral.

Pertandingan Jepang melawan Korea Utara esok Kamis di Tokyo sendiri diperkirakan dihadiri para pendukung Korea Utara dalam jumlah besar.

Mereka berasal dari penduduk etnis Korea yang sudah lama tinggal di Jepang, yang jumlahnya mencapai 300.000 orang, yang kebanyakan keturunan warga Korea yang dibawa ke Jepang saat Semenanjung Korea dijajah Jepang.

Baca juga: Vietnam coret lima pemain jelang laga hadapi Indonesia

Baca juga: Manajer timnas ungkap kans Thom dan Ragnar main lawan Vietnam tertutup

Baca juga: Jay Idzes juluki Marc Klok 'kakek' karena kerap bantu adaptasi pemain

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024