Kami berharap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dapat berkontribusi positif dalam perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp68,80 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 2024 atau terhitung sejak 25 Maret 2024 hingga 16 April.

Perseroan mencatat, jumlah tersebut meningkat sebesar 7 persen dari realisasi ketersediaan uang tunai pada periode Ramadhan dan Lebaran 2023. Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan proyeksi peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat.

"Kami berharap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dapat berkontribusi positif dalam perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: BCA apresiasi dukungan pemerintah usai jadi perbankan global terkuat

Selain memastikan ketersediaan uang tunai, BCA memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 39 kantor cabang utama (KCU) wilayah Jabodetabek selama periode 1–5 April 2024.

Tak hanya tersedia di kantor cabang, BCA menghadirkan satu mobil kas keliling di area Istora Senayan pada 28–31 Maret 2024. Layanan penukaran uang juga dapat dijumpai di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek pada 2–5 April 2024.

Pada cabang di luar wilayah Jabodetabek, layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) menyesuaikan dengan ketersediaan di cabang tersebut.

BCA memperkirakan ada peningkatan transaksi baik dengan uang tunai maupun kanal digital BCA. Oleh sebab itu, BCA memastikan nasabah dapat menikmati layanan perbankan BCA di manapun dan kapanpun melalui aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta ATM BCA.

Baca juga: RUPST BCA setujui bagikan dividen Rp270 per saham

Jahja mengatakan, banking from anywhere telah menjadi standar dalam layanan perbankan. Mengingat hal tersebut, pihaknya berkomitmen menyediakan platform transaksi perbankan yang andal. Dengan begitu, nasabah dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman di bulan suci Ramadhan 2024.

Selama masa Ramadhan, BCA melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Meski begitu, BCA tetap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024