Jakarta (ANTARA) -
Polri kembali menggelar program mudik gratis Presisi tahun 2024 dengan menyediakan 400 unit bus berkapasitas 20 ribu penumpang dengan tujuan beberapa daerah di Pulau Jawa.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Rabu, mengatakan pendaftaran mudik gratis Polri Presisi 2024 sudah dibuka mulai hari ini, tanggal 20 Maret.

"Program dilaksanakan dan Korlantas Polri membuka pendaftaran mulai hari ini, Rabu," kata Trunoyudo.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan masa pendaftaran dibuka selama tiga hari, yakni tanggal 20 sampai 22 Maret, mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Tempat pendaftaran dibuka di Samsat seluruh Polda Metro Jaya dan Satpas SIM Daan Mogot.

"Silahkan masyarakat mendaftar dengan syarat membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan satu fotokopi KTP, berlaku perorangan tidak untuk kelompok," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengatakan, program mudik gratis ini bertujuan untuk mengakomodir masyarakat yang mudik dengan sepeda motor, guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftarkan mudik gratis Polri untuk mengurangi risiko kecelakaan dan arus dapat berjalan dengan lancar serta aman," katanya.

Mudik gratis Polri Presisi 2024 ini, kata Trunoyudo, akan diberangkatkan pada tanggal 6 dan 7 April dari Lapangan Monas, Jakarta.

Mudik gratis Polri Presisi 2024 melayani tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Kota-kota yang menjadi tujuan mudik untuk wilayah Jawa Barat, yakni rute Kuningan-Majalengka-Indramayu-Cirebon-Kuningan. Kemudian, rute Banjar-Sumedang-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar.

Jawa Timur, meliputi rute Surabaya (jalur utara) Bojonegoro-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya.

Rute, Madiun-Ngawi-Jombang-Mojokerto-Surabaya-Malang.
 
Lalu rute, Banyuwangi-Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi.
 
Sedangkan untuk Jawa Tengah melayani delapan rute, yakni Semarang (Brebes-Tegal-Slawi-Pemalang-Pekalongan-Batang-Kendal-Semarang-Demak-Purwodadi).

Kemudian rute Solo (Solo-Sukoharjo-Sragen-Karanganyar-Boyolali-Klaten). Wonogiri (Wonogiri-Pacitan), Purwakerto (Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung), Purworejo (Kebumen-Purworejo-Magelang-Sleman-Yogyakarta), Yogyakarta (Kulonprogo-Bantul-Sleman-Gunung Kidul), Kudus (Kudus-Jepara), Rembang (Pati-Rembang).

Tahun 2023, Polri juga menggelar mudik gratis Polri Presisi dengan menyediakan 500 unit bus, dengan kapasitas 20 ribu penumpang.

Menurut Trunoyudo, Polri akan bersinergi dengan kementerian serta perusahaan yang juga melaksanakan program mudik gratis untuk mengakomodir antusiasme masyarakat.
Baca juga: Berikut lokasi samsat keliling sekaligus pendaftaran mudik gratis
Baca juga: Program mudik gratis kurangi beban jalan dan minimalkan kecelakaan
Baca juga: Dua hari pendaftar mudik gratis Polri Presisi capai 23.439 orang

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024