Stockholm (ANTARA News) - Swedia pada Kamis mengatakan pihaknya akan membantu Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam pemusnahan persenjataan kimia Suriah dengan menyediakan satu unit kekuatan udara dan sebuah pesawat pengangkut Hercules Lockheed C-130.

"Unit penerbangan militer Swedia akan ditempatkan di Siprus dalam rangka mendukung Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) dengan menyediakan bantuan personel dan pengangkutan peralatan," kata Menteri Pertahanan Karin Engstroem.

OPCW adalah badan yang bertanggung jawab untuk mengawasi pemusnahan senjata-senjata kimia Suriah, yang harus diselesaikan pada pertengahan 2014 --menurut resolusi PBB yang disahkan pada September lalu.

Resolusi itu muncul setelah terjadinya serangan senjata kimia di daerah pinggiran Damaskus, Ghouta, pada 21 Agustus.

Menurut para pemberontak, sebanyak 1.300 orang tewas dalam serangan tersebut. Presiden Suriah Bashar al-Assad membantah terlibat dalam serangan.

Norwegia pada Rabu mengatakan pihaknya sedang mempertimbangkan permintaan Amerika Serikat untuk memusnahkan sebagian dari persenjataan kimia Suriah di wilayah Norwegia.

Menteri Luar Negeri Norwegia Boerge Brende mengatakan Oslo akan "segera" memberikan tanggapan dan menambahkan bahwa Norwegia tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk proses pemushanan tersebut, demikian AFP.
(T008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013