Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka Program Beasiswa Bimbingan Masuk Perguruan Tinggi, NU Student Scholarship (NUSS), dan mampu menjaring 500 pelajar.

"LP Ma'arif sudah membuat skenario untuk menempatkan talenta-talenta terbaik yang pada hari ini, kita sudah memilihnya agar dapat masuk ke perguruan tinggi unggulan bukan sekadar perguruan tinggi unggulan, tetapi juga program studinya unggulan," ujar Ketua LP Ma'arif PBNU M  Ali Ramdhani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dhani menyebut program NUSS memberikan sejumlah fasilitas kepada talenta-talenta terbaik NU agar dapat diterima perguruan tinggi unggulan dan program studi unggulan.

Direktur Utama NUSS Muhammad Abdul Idris menyebut program NUSS telah menjaring sebanyak 500 penerima dari sekitar 4.000 pendaftar dalam periode pendaftaran 12-16 Maret 2024.

Baca juga: LP Ma'arif NU: Sekolah terancam ditutup jika bukan tanah sendiri

Ia menyampaikan selamat kepada 500 peserta terpilih. Idris juga mengingatkan peserta untuk menaati peraturan yang telah disepakati oleh tim pelaksana bimbingan.

"Kita ingin menyaksikan 500 kader NU ini diterima sesuai kampusnya yang diinginkan. Kita ingin menyaksikan 500 kader NU terbaik ini membanggakan orang tua, lingkungan dan NU," katanya. 

Sementara itu Ketua Baznas RI Noor Achmad mengapresiasi langkah LP Ma'arif PBNU yang fokus dalam bidang pendidikan. Hal tersebut sejalan dengan visi Baznas RI.

Noor berharap agar NU dapat berkolaborasi lebih banyak dengan Baznas dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045.

Baca juga: LP Ma'arif PBNU bentuk Satgas cegah perundungan di lembaga pendidikan

"Karena kita pasti akan bangga kalau di 10 tahun yang akan datang Indonesia akan diisi oleh kader NU, yang berdasarkan atau orientasinya adalah ahlussunnah wal jamaah, dengan demikian Indonesia akan tetap damai," katanya.

NUSS merupakan program kerja sama antara PBNU dengan Baznas dalam rangka memberikan akses kepada para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi unggulan.

NUSS memiliki sejumlah program prioritas antara lain penilaian minat dan bakat siswa, pendampingan untuk masuk ke perguruan tinggi unggulan, memberikan advokasi akses fasilitas beasiswa saat masuk perguruan tinggi.

Selain itu memberi pendampingan dan meningkatkan kecakapan yang dibutuhkan untuk memilih serta menentukan perguruan tinggi unggulan sesuai dengan minat dan pilihan peserta.

Baca juga: Said Aqil buka rakernas lembaga pendidikan Ma'arif NU

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024