Saat ini FTUI menyediakan 11 program studi Kelas Internasional yang dapat dipilih para calon mahasiswa baru UI untuk tahun akademik 2024/2025
Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia membuka dua program studi (prodi) baru pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 untuk jenjang pendidikan Sarjana Kelas Internasional, yaitu Teknik Komputer dan Teknik Lingkungan.

Dekan FTUI Prof Dr Ir Heri Hermansyah di Depok Rabu mengatakan bahwa dibukanya program studi Kelas Internasional Teknik Komputer dan Teknik Lingkungan itu menegaskan komitmen FTUI untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta menawarkan pengalaman belajar yang berstandar internasional.

Dengan adanya penambahan tersebut, maka saat ini FTUI menyediakan 11 program studi Kelas Internasional yang dapat dipilih para calon mahasiswa baru UI untuk tahun akademik 2024/2025.

"Dengan fokus pada kurikulum yang terus berkembang, kolaborasi internasional, dan penekanan pada inovasi teknologi, kedua prodi ini tidak hanya akan memperkuat reputasi FTUI sebagai institusi pendidikan yang berkualitas, tetapi juga membuka pintu bagi pengakuan internasional yang lebih luas bagi alumni kami di dunia industri dan akademik global," kata Prof Heri.

Program studi Teknik Komputer dan Teknik Lingkungan telah dibuka sejak 2006 untuk jenjang pendidikan Sarjana Reguler, dan telah terakreditasi Unggul dari LAM Teknik. Kedua program studi ini juga telah memiliki akreditasi internasional dari The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Program Studi Teknik Komputer adalah disiplin khusus yang mengombinasikan pengetahuan dan kompetensi mengenai perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat elektronik digital lainnya, serta konektifitas jaringan yang terkait dengan perekayasaan sistem komputer dan keamanan siber.

Ketua Program Studi Teknik Komputer UI Dr lr Muhammad Salman menyampaikan harapannya terkait dibukanya program ini. Lulusan sarjana program studi Kelas Internasional Teknik Komputer diharapkan mampu merancang jaringan informasi dan sistem berbasis komputer secara sistematis sesuai dengan etika profesional.

Banyak lulusan program studi Teknik Komputer yang kini mengembangkan karier sebagai embedded system/IoT engineer, AI and application developer, big data analyst, network engineer, termasuk yang terkait cybersecurity.

Sementara itu, program studi Teknik Lingkungan menekankan pada bidang rekayasa melalui pendekatan disiplin ilmu Teknik Lingkungan, yang melingkupi aspek-aspek perekayasaan pada tahap perencanaan, perancangan, pelaksanaan konstruksi, dan pengelolaan sarana/prasarana.

Ketua Program Studi Teknik Lingkungan FTUI Dr Cindy Rianti Priadi mengatakan, penguasaan ilmu Teknik Lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi berwawasan lingkungan yang pada akhirnya akan mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024