Jakarta (ANTARA) - Konser musik Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024, salah satu festival jazz bergengsi di Indonesia kembali hadir untuk edisi ke-19 pada tanggal 24 - 26 Mei 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Tahun ini, dengan tema "Embracing Unity Through Music", festival ini bertujuan untuk mendorong kebersamaan dan menyatukan berbagai kalangan melalui bahasa musik yang universal.

“Kami, PT. Java Festival Production dengan bangga mengumumkan edisi ke-19 Jakarta International BNI Java Jazz Festival tahun ini. Jajaran artis ataupun musisi dirancang untuk memikat semua kalangan, dengan pengunjung yang dapat memilih apa yang ingin mereka saksikan berdasarkan preferensi atau suasana hati," ujar Presiden Direktur PT.Java Festival Production Dewi Gontha saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Maka dari itu, pihaknya memilih 'Embracing Unity Through Music’ sebagai tagline untuk menunjukkan bagaimana penyelenggara akan terus menggunakan ajang festival ini untuk mempromosikan persatuan dan kebersamaan, tambah Dewi.

Baca juga: Sandiaga harapkan kolaborasi dengan swasta gerakkan industri parekraf

Baca juga: BNI Java Jazz Festival jadi ajang "scouting" talenta musik Indonesia


Adapun, akan hadir sebagai penampil utama dalam festival di 2024 ini adalah para legenda jazz dan berbagai musisi sensasional kontemporer, termasuk penyanyi-penulis lagu jazz Islandia peraih Grammy Award tahun 2024, Laufey, penyanyi bersuara merdu October London yang di tahun 2022 telah menandatangani kontrak dengan Death Row Records milik Snoop Dog, dan penabuh drum handal The Yussef Dayes Experience yang terkenal dengan gaya inovatif dan komposisi yang mendobrak berbagai genre musik.

Pemain terompet legendaris Randy Brecker akan tampil sebagai tamu spesial bersama Scatter The Atoms That Remain, grup yang dipimpin oleh drummer Franklin Kiermyer dengan pengarah musik Davis Whitfield yang menjanjikan perpaduan dinamis antara jazz, funk, dan hip-hop.

Musisi-musisi berbakat di dunia musik juga akan tampil di festival mendatang, termasuk penyanyi- penulis lagu serba bisa asal Australia, Rai Thistlethwayte, dan grup jazz asal Inggris yang sedang naik daun, Yakul.

Di antara musisi yang baru saja dikonfirmasi hari ini adalah adalah Eliane Elias, penyanyi sopran dan pianis Brasil peraih Grammy Award yang dikenal dengan penampilannya yang penuh energi dalam membawakan musik Brasil dan standar jazz, serta tekniknya yang sempurna. 92914 (dibaca: Gu i Gu iL Sa), duo asal Korea Selatan yang memainkan fusion jazz elektronik yang memikat dan akan tampil pertama kalinya di festival ini.

Kembalinya Incognito yang merilis album ke-19 terbaru mereka “Into You” pada tahun 2023 menjadi grup yang selalu dinanti-nantikan di acara tahunan ini. Juga akan tampil adalah penyanyi-penulis lagu multi platinum peraih penghargaan, Jessie Reyez.

Selain itu, bergabung juga di dalam lineup juga menampilkan penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat, Joyce Wrice, yang terkenal dengan lagu-lagunya yang powerful dan suaranya yang lembut. Album debutnya masuk dalam daftar Album R&B Terbaik Tahun 2021 versi Rolling Stone.

Grup funk Scary Pockets, yang terkenal dengan pertunjukan live yang ceria dan cover lagu-lagu terkenal dengan aransemen funk yang viral dan memiliki lebih dari 1 juta subscriber di channel YouTubenya, juga akan tampil.

Selain itu, gitaris handal Thiago Genthil, juga Leo Amuedo, yang terkenal dengan permainannya yang penuh ekspresi dan teknik yang sempurna akan berkolaborasi dengan musisi Indonesia dalam festival yang akan terus menghadirkan musisi-musisi dari dalam dan luar negeri itu.

“Dengan menghadirkan sebuah festival musik dengan perpaduan penampilan dari artis-artis terkemuka dan pendatang baru, ingin mewujudkan semangat musik yang harmonis. Artis Indonesia dan mancanegara akan mendapatkan kesempatan untuk memberikan pertunjukan terbaik mereka di depan para penonton setia kami, yang ingin menyaksikan penampilan terbaik dari idola mereka atau menemukan musisi baru di acara ini,” ungkap Dewi.

Para musisi tersebut akan tampil di 11 panggung yang tersebar di area festival. Nikmati beragam jenis musik dan kaleidoskop musik serta budaya saat para penampil dari Indonesia dan mancanegara menampilkan berbagai sisi perpaduan musik secara langsung di atas panggung.

Baca juga: Blibli-Greeners.co ajak penikmat musik lakukan aksi darurat sampah

Baca juga: Peter Gontha nilai Java Jazz identik dengan generasi muda

Baca juga: Java Jazz tahun ini usai, tahun depan Peter Gontha buru Michael Buble

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024